ANGSARI, RAHAYU DIAN (2014) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 3 TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
BAGIAN DEPAN.pdf Download (137kB) |
|
Text
BAGIAN ISI.pdf Restricted to Repository staff only Download (773kB) |
Abstract
ABSTRAK Rahayu Dian Angsari. (2014). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Tasikmalaya. Program Study Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematik peserta didik dan untuk mengetahui pada indikator mana peserta didik yang paling banyak mengalami kesulitan. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuasi eksperimen, dengan populasi penelitiannya adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Tasikmalaya tahun pelajaran 2013/2014. Sampel diambil menggunakan teknik random dengan cara diundi menurut kelas dan terambil sebanyak dua kelas, yaitu kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik sebanyak 43 orang dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik sebanyak 42 orang. Instrumen yang digunakan berupa soal tes kemampuan berpikir kreatif matematik peserta didik. Untuk pengujian analisis statistik datanya digunakan uji perbedaan dua rata-rata, setelah perhitungan analisis data dengan taraf signifikan 5% diperoleh simpulan bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learning berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematik peserta didik dan pada indikator keluwesan peserta didik paling banyak mengalami kesulitan baik itu di kelas eksperimen maupun kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 07 Mar 2022 03:04 |
Last Modified: | 07 Mar 2022 03:04 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4976 |
Actions (login required)
View Item |