ZULFAH, TYAS NUR (2021) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDGRAM (VIDEO INSTAGRAM) PADA PELAJARAN SEJARAH MATERI PERUNDINGAN LINGGARJATI TERHADAP KESADARAN SEJARAH SISWA DI KELAS XI IPS 5 SMAN 6 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2020/ 2021. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
Cover Tyasnurzulfah (172171048).pdf Download (35kB) |
|
Text
Abstrak Tyas Nur Zulfah (172171048).pdf Download (212kB) |
|
Text
PENGESAHAN TyasNurzulfah (172171048).pdf Download (303kB) |
|
Text
Daftar Isi Tyasnurzulfah (172171048).pdf Download (327kB) |
|
Text
Bab 1 Tyas Nur Zulfah (172171048).pdf Download (405kB) |
|
Text
Bab 2 Tyas Nur Zulfah (172171048).pdf Download (450kB) |
|
Text
Bab 3Tyas Nur Zulfah (172171048).pdf Download (741kB) |
|
Text
Bab 4 Tyas Nur Zulfah (172171048).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
Bab 5 Tyas Nur Zulfah (172171048).pdf Restricted to Repository staff only Download (306kB) |
|
Text
daftar pustaka Tyas Nur Zulfah (172171048).pdf Download (292kB) |
Abstract
ABSTRAK Tyas Nur Zulfah, 2021. Pengaruh Media Pembelajaran Vidgram (Video Instagram) pada Pelajaran Sejarah Materi Perundingan Linggarjati Terhadap Kesadaran Sejarah Siswa di Kelas XI IPS 5 SMAN 6 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2020/ 2021 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran vidgram (video instagram) terhadap kesadaran sejarah siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain nonequivalent kontrol group. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah borang angket dan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS SMAN 6 Tasikmalaya dengan jumlah 168 peserta didik, yang dijadikan sampel adalah kelas XI IPS 5 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 35 peserta didik, dan kelas XI IPS 4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 33 peserta didik. Teknik analisis data dalam penelitian ini berupa uji normalitas, uji homogenitas, uji-t dan N-gain. Berdasarkan penelitian terdapat pengaruh media pembelajaran vidgram (video instagram) terhadap kesadaran sejarah yang ditunjukan dengan adanya perubahan sikap kesadaran sejarah siswa. Perubahan tersebut dilihat dari perolehan rata-rata skor angket sebelum menggunakan media pembelajaran video Instagram sebesar 84.36, sedangkan perolehan rata-rata skor angket sesudah menggunakan media pembelajaran video Instagram sebesar 95.18. Data tersebut mendukung bahwa penelitian yang dilakukan peneliti berhasil dibuktikan berdasarkan Uji-t menggunakan Independent sample T-test, yakni nilai Sig.(2tailed) < 0.05. Dengan demikian, maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh pengaruh media pembelajaran vidgram (video instagram) pada pelajaran sejarah materi perundingan linggarjati terhadap kesadaran sejarah siswa di kelas XI IPS 5 SMAN 6 Tasikmalaya semester genap tahun ajaran 2020/ 2021. Kata Kunci : Media Pembelajaran Vidgram , Kesadaran Sejarah, Pembelajaran Sejarah
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 04 Mar 2022 01:42 |
Last Modified: | 04 Mar 2022 01:42 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4933 |
Actions (login required)
View Item |