PENGARUH MEDIA MUSEUM NASIONAL VIRTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH POKOK BAHASAN JARINGAN PERDAGANGAN DAN AKULTURASI BUDAYA HINDU-BUDDHA DENGAN BUDAYA NUSANTARA DI KELAS X MIPA 3 SMAN 3 BANJAR TAHUN PELAJARAN 2020/2021

FADILAH, DIDIT (2021) PENGARUH MEDIA MUSEUM NASIONAL VIRTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH POKOK BAHASAN JARINGAN PERDAGANGAN DAN AKULTURASI BUDAYA HINDU-BUDDHA DENGAN BUDAYA NUSANTARA DI KELAS X MIPA 3 SMAN 3 BANJAR TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (41kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (431kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (875kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (143kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (884kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (352kB)

Abstract

ABSTRAK Didit Fadilah 2021. PENGARUH MEDIA MUSEUM NASIONAL VIRTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH POKOK BAHASAN JARINGAN PERDAGANGAN DAN AKULTURASI BUDAYA HINDU-BUDDHA DENGAN BUDAYA NUSANTARA DI KELAS X MIPA 3 SMAN 3 BANJAR TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar pada pembelajaran sejarah di kelas X MIPA 3 SMAN 3 Banjar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran menggunakan media museum nasional virtual terhadap hasil belajar siswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Media pembelajaran museum nasional virtual berpengaruh terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas X MIPA 3 SMAN 3 Banjar tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian pre experimental designs dengan bentuk penelitian one group pretest posttest design. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA 3 SMAN 3 Banjar Sebanyak 23 siswa, dengan menggunaka tes sebagai instrumen. Hasil Penilitian yang sudah didapat X MIPA 3 menunjukan adanya peningkatan yang cukup memuaskan terhadap hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata pre test adalah 60, kemudian terjadi peningkatan setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan media museum nasional virtual dengan perolehan nilai rata-rata post test sebesar 87,50. Hasil uji hipotesis yang didapat adalah sig (2- tailed) 0,00 < 0,05 yang mana dapat disimpulakan ada perbedaan nilai rata-rata yang berarti terdepat pengaruh media museum nasional virtual dengan hasil belajar siswa kelas X MIPA 3. Pada hasil uji n gain persen memperoleh nilai 68,8914 %, yang mana angka ini menujukan tingkat efektivitas media museum nasional virtual ini cukup efektif digunakan dalam pembelajaran sejarah di kelas X MIPA 3. Proses dalam pembelajaran ini sama halnya pembelajaran daring pada umumnya yang membedakan adalah penggunaan media museum nasional virtual dan juga menggunakan tour guide untuk lebih bisa menjelaskan isi dari museum ini. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media museum nasional virtual terhadap hasil belajar siswa di kelas X MIPA 3 SMAN 3 Banjar tahun pelajaran 2020/2021. Kata Kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Sejarah, Media Museum Nasional Virtual.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 24 Feb 2022 07:44
Last Modified: 24 Feb 2022 07:44
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4805

Actions (login required)

View Item View Item