JUSTIKA, ASTI (2020) ANALISIS DIMENSI KOGNITIF PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIMSS PADA MATERI ALJABAR BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (207kB) |
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (197kB) |
|
Text
3. SURAT KETERANGAN.pdf Download (321kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (199kB) |
|
Text
5. KATA PENGATAR.pdf Download (315kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (316kB) |
|
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf Download (314kB) |
|
Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (316kB) |
|
Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (314kB) |
|
Text
10. BAB 1.pdf Download (332kB) |
|
Text
11. BAB 2 DAN BAB 3.pdf Download (847kB) |
|
Text
12. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (812kB) |
|
Text
13. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (322kB) |
Abstract
ABSTRAK ASTI JUSTIKA. 2020. Analisis Dimensi Kognitif Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal TIMSS Pada Materi Aljabar Berdasarkan Kemampuan Awal Matematis. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dimensi kognitif peserta didik dalam menyelesaikan soal Aljabar TIMSS berdasarkan kemampuan awal matematis. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif eksploratif. Teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan awal matematis, tes Aljabar TIMSS dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen yang diberikan berupa soal tes kemampuan awal matematis, soal Aljabar TIMSS 2015 dan pedoman wawancara. Pengambilan subjek penelitian dilakukan dengan pengkategorian kemampuan awal matematis tinggi, sedang, dan rendah berdasarkan tes kemampuan awal matematis, kemudian diambil satu subjek dari setiap kategori dengan nilai tertinggi pada setiap kategorinya dan subjek yang dapat memberikan informasi yang lengkap dan jelas yang penulis harapkan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan kemampuan awal matematis adalah sebagai berikut: subjek dengan kemampuan awal tinggi (S17T) dalam konten ekspresi dan operasi memenuhi dimensi kognitif knowing dan applying. Dalam konten persamaan dan pertidaksamaan memenuhi dimensi kognitif knowing dan applying. Dalam konten relasi dan fungsi memenuhi dimensi kognitif knowing dan reasoning. Subjek dengan kemampuan awal sedang (S16S) dalam konten ekspresi dan operasi memenuhi dimensi kognitif knowing dan applying. Dalam konten persamaan dan pertidaksamaan memenuhi dimensi kognitif knowing dan applying. Dalam konten relasi dan fungsi memenuhi dimensi kognitif reasoning. Subjek dengan kemampuan awal rendah (S8R) dalam konten ekspresi dan operasi memenuhi dimensi kognitif knowing dan applying. Dalam konten persamaan dan pertidaksamaan memenuhi dimensi kognitif knowing. Dalam konten relasi dan fungsi memenuhi dimensi kognitif knowing. Kata kunci: dimensi kognitif, kemampuan awal matematis, soal TIMSS
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 24 Feb 2022 07:43 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 07:43 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4790 |
Actions (login required)
View Item |