Fatimah, Siti Sinta (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN TEKS BERITA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING JIGSAW (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
DRAFT burn.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Siti Sinta Fatimah. 2020. Peningkatan Kemampuan Menelaah Struktur dan Kaidah Kebahasaan serta Menyajikan Teks Berita Dengan Model Pembalajaran Cooperative Learning Jigsaw (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Salah satu Kompetensi Dasar (KD) yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VIII SMP, yaitu Kompetensi Dasar 3.2 Menelaah struktur dan kebahasaan teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca dan 4.2 Menyajikan data dan informasi dalam bentuk berita secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan (lafal, intonasi, mimik, dan kinesik. Meskipun demikian, di SMP N 5 Tasikmalaya masih terdapat peserta didik yang belum mampu mencapai Kriteria Kentuntasan Belajar (KKB) yang ditentukan oleh sekolah, yaitu 79. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penulis melaksanakan penelitian berupa penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembalajaran Cooperative Learning Jigsaw meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kaidah teks berita serta menyajikan teks berita pada peserta didik VIII SMP Negeri 5 Tasikmalaya. Metode penelitian tindakan kelas adalah metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini. Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, serta tes. Penelitian yang penulis lakukan menggunakan dua siklus dengan beberapa tahapan, yaitu perencanaan tindakan, mengobservasi, mengevaluasi (proses dan hasil tindakan), merefleksi, serta seterusnya sampai tercapai kualitas maupun hasil belajar yang diharapkan. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa pada siklus pertama dalam aspek pengetahuan terdapat 13 peserta didik (41%) mencapai KKB dan sebanyak 19 peserta didik (59%) yang belum mampu mencapai KKB. Pada aspek keterampilan 17 peserta didik (53%) yang mencapai KKB dan 15 peserta didik (47%) yang belum mampu mencapai KKB. Siklus kedua baik aspek pengetahuan dan keterampilan semua peserta didik (100%) telah mencapai nilai KKB, yaitu 79. Hal ini menyatakan bahwa hipotesis penelitian ini dapat diterima. Artinya, model pembelajaran Cooperative Learning Jigsaw dapat meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan teks berita peserta didik kelas VIII SMPN 5 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Kata kunci : Kurikulum 2013 Revisi, Teks Berita, Cooperative Learning Jigsaw, Penelitian Tindakan Kelas.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 24 Feb 2022 07:43 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 07:43 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4789 |
Actions (login required)
View Item |