PENGARUH GAYA HIDUP (LIFESTYLE), POLA KONSUMSI ISLAMI, DAN PROMOSI PENJUALAN (SALES PROMOTION) TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF

Fauziyah, Neng Ulfa (2020) PENGARUH GAYA HIDUP (LIFESTYLE), POLA KONSUMSI ISLAMI, DAN PROMOSI PENJUALAN (SALES PROMOTION) TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. SKRIPSI NENG ULFA FAUZIYAH FIKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Neng Ulfa Fauziyah. 2020. Pengaruh Gaya Hidup (Lifestyle), Pola Konsumsi Islami dan Promosi Penjualan (Sales Promotion) terhadap Perilaku Pembelian Impulsif pada Mahasiswa Universitas Siliwangi: Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi. Perilaku pembelian merupakan keputusan konsumen mengenai apa yang dibeli, apakah membeli atau tidak, kapan membeli, dimana membeli, dan bagaimana cara membayarnya.Namun yang menjadi suatu masalah ketika keinginan yang sudah bulat untuk membeli suatu produk sering kali harus dibatalkan karena berbagai alasan. Atau bisa juga secara tidak sadar kita selaku konsumen sering melakukan perilaku pembelian yang secara tiba-tiba. Pembelian Impulsif didefinisikan sebagai “pembelian yang tiba-tiba dan segera tanpa ada minat pembelian sebelumnya. Faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian impulsif yaitu gaya hidup, pola konsumsi Islami, dan promosi penjualan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut:1) apakah terdapat pengaruh gaya hidup (Lifestyle), terhadap perilaku pembelian impulsif pada Mahasiswa Universitas Siliwangi?. 2) apakah terdapat pengaruh pola konsumsi Islami terhadap perilaku pembelian impulsif pada Mahasiswa Universitas Siliwangi?. 3) apakah terdapat pengaruh promosi penjualan (sales promotion) terhadap perilaku pembelian impulsif pada Mahasiswa Universitas Siliwangi?. 4) Apakah terdapat pengaruh gaya hidup (Lifestyle), pola konsumsi Islami, dan promosi penjualan (sales promotion) terhadap perilaku pembelian impulsif pada Mahasiswa Universitas Siliwangi ?. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh gaya hidup (Lifestyle), pola konsumsi Islami, dan promosi penjualan (sales promotion) terhadap perilaku pembelian impulsif pada Mahasiswa Universitas Siliwangi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Jumlah populasi sebanyak 11.340 orang dan sampel yang digunakan sebanyak 100 orang. Dalam teknik analisa data menggunakan regresi sederhana dan berganda, koefisien korelasi sederhana dan berganda, serta koefesien determinasi. Hasil analisa data diperoleh bahwa persamaan regresi sederhana1). XI Y Ydiperoleh Y=7,861+1,569XI,koefesien korelasi 0,520 dan koefesien determinasi 27,1%.2 X2 Y diperoleh Y=21,894+0,989X2, koefesien korelasi 0,348 dan koefesien determinasi 12,1%. 3)X3 Y diperoleh Y=1,870+1,702X3, koefesien korelasi 0,497 dan koefesien determinasi 24,7%. 4)X1X2X3 Ydiperoleh berdasarkan regresi linier berganda diperoleh nilai Y = 38,958 +0,691X1 +0,884X2 + 1,177X3 koefesien korelasi berganda 0,708 dan koefesien determinasi 50,1%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah gaya hidup (X1) pola konsumsi Islami (X2) promosi penjualan (X3) berpengaruh signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif (Y) pada Mahasiswa Universitas Siliwangi secara parsial maupun simultan maka hipotesis alternatif diterima. Kata kunci : Gaya Hidup, Pola Konsumsi Islami, Promosi Penjualan, Perilaku Pembelian Impulsif

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 24 Feb 2022 07:43
Last Modified: 24 Feb 2022 07:43
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4784

Actions (login required)

View Item View Item