PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL ENVIRONMENTAL LEARNING (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas XI MIA MAN 2 Kota Tasikmalaya)

WALUYA, DEZAN ADI (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL ENVIRONMENTAL LEARNING (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas XI MIA MAN 2 Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (82kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (5kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN DLL.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (859kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (578kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (756kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK Dezan Adi Waluya. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik Melalui Penerapan Model Environmental Learning (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas XI MIA 2 MAN 2 Kota Tasikmalaya). Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman matematis peserta didik melalui penerapan model Environmental Learning, kemampuan pemahaman matematis peserta didik yang menggunakan model Environmental Learning, kemandirian belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Environmental Learning. Penelitian ini dilakukan di MAN 2 Kota Tasikmalaya, tahun ajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA MAN 2 Kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-experimental design, dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest, yang melibatkan 26 peserta didik sebagai sampel. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data sebelum dan setelah dilakukan perlakuan dengan menggunakan tes kemampuan pemahaman matematis yang berupa uraian sebanyak 4 butir soal dan angket kemandirian belajar yang terdiri dari 21 pernyataan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data N-Gain yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dengan analisis chi kuadrat. Dari hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan pemahaman matematis peserta didik yang menggunakan model Environmental Learning. Selain itu kemampuan pemahaman matematis peserta didik berada pada kriteria sedang, dan kemandirian belajar peserta didik berada pada kategori sedang. Kata kunci: Kemampuan Pemahaman Matematis, Environmental Learning, Kemandirian Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 14 Feb 2022 01:11
Last Modified: 14 Feb 2022 01:11
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4602

Actions (login required)

View Item View Item