Arohimah, Arohimah (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN SERTA MENULIS TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK-TALK-WRITE (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII A MTs N 2 Klaten Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (100kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (30kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (201kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (31kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (201kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (105kB) |
|
Text
7. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (166kB) |
|
Text
8. BAB II LANDASAN TEORETIS.pdf Download (311kB) |
|
Text
9. BAB III PROSEDUR PENELITIAN.pdf Download (270kB) |
|
Text
10. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
11. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (86kB) |
Abstract
ABSTRAK Arohimah. 2015. Peningkatan Kemampuan Menelaah Struktur dan Kaidah Kebahasaan serta Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Model Think-Talk-Write (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII A MTs N 2 Klaten). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Menelaah struktur, kaidah kebahasaan, serta menulis teks eksplanasi merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VIII. Namun, kenyataannya masih banyak peserta didik yang belum mampu menguasai kompetensi dasar tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran Think-Talk-Write dalam meningkatkan kemampuan menelaah struktur, kaidah kebahasaan, serta menulis teks eksplanasi pada peserta didik kelas VIII A MTs N 2 Klaten tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A MTs N 2 Klaten yang berjumlah 25 orang. Data dalam penelitian ini berupa nilai proses dan nilai hasil peserta didik selama pembelajaran. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa nilai aspek pengetahuan pada siklus kesatu sebanyak 15 orang (60%) peserta didik belum mencapai KKM dan 10 orang (40%) peserta didik telah mencapai KKM. Pada siklus kedua, sebanyak 25 orang (100%) peserta didik mampu mencapai KKM. Perolehan nilai aspek keterampilan pada siklus kesatu sebanyak 14 orang (56%) peserta didik belum mampu mencapai KKM dan 11 orang (44%) peserta didik mampu mencapai KKM. Pada siklus kedua, persentase peserta didik yang mampu mencapai KKM sebanyak 100%. Data di atas menyatakan bahwa hipotesis tindakan dalam penelitian ini dapat diterima. Artinya, model pembelajaran Think-Talk-Write dapat meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi serta menulis teks eksplanasi pada peserta didik kelas VIII A MTs N 2 Klaten tahun ajaran 2019/2020
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 10 Feb 2022 02:09 |
Last Modified: | 10 Feb 2022 02:09 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4557 |
Actions (login required)
View Item |