“PROFILING THE TEACHER’S USE OF TARGET LANGUAGE IN A CLASSROOM: AN INDONESIAN EFL CONTEXT”

SEPTIANI, DESI (2019) “PROFILING THE TEACHER’S USE OF TARGET LANGUAGE IN A CLASSROOM: AN INDONESIAN EFL CONTEXT”. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
cover.pdf

Download (134kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text
Approval Sheet.pdf

Download (388kB)
[img] Text
CHAPTER I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB)

Abstract

ABSTRAK DESI SEPTIANI. 2019. “Profiling the Teacher’s Use Of Target Language In A Classroom: An Indonesian EFL Context.” Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Penggunaan bahasa target (Target Language) dalam kelas English as Foreign Language (EFL) penting dilakukan untuk menambah paparan siswa terhadap bahasa target. Selain itu, siswa tidak hanya belajar mengenai bahasa namun belajar dari bahasa itu sendiri. Tentu saja penggunaan TL tersebut dilakukan oleh guru bahasa Inggris dalam kelas EFL. Sebelumnya, telah ada beberapa studi terkait Target Language. Namun, tidak pada konteks Indonesia. Studi ini melaporkan gambaran guru menggunakan bahasa target dikelas EFL sejak pelajaran dimulai sampai akhir. Partisipan dari studi ini merupakan salah satu guru bahasa Inggris di salah satu sekolah di kabupaten Tasikmalaya. Sebuah studi kasus deskriptif digunakan sebagai desain penelitian untuk menggambarkan intervensi dan konteks nyata dimana penggunaan bahasa target tersebut terjadi. Perolehan data dilakukan melalui observasi dikelas EFL selama 3 kali pertemuan. Data yang diperoleh dari onservasi ditranskripsi kemudian di analisis menggunakan analisis tematik. Terdapat dua tema yang dapat menjawab pertanyaan penelitian ini yaitu penggunaan Target Language pada Pre- dan Post�activities dan penggunaan Target Language pada pemberian instruksi. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa penggunaan bahasa target akan lebih mudah dilakukan ketika guru tidak memakai kata yang sulit (Krashen 1985) hingga memudahkan siswa memahami apa yang disampaikan. Kata kunci: Target Language, English as Foreign Language, Code-switching

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 09 Feb 2022 01:59
Last Modified: 09 Feb 2022 01:59
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4527

Actions (login required)

View Item View Item