Noor, Lusi Salsadilla (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Dayeuhluhur Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (303kB) |
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (274kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (274kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (277kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (408kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (283kB) |
|
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (272kB) |
|
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf Download (341kB) |
|
Text
9. DAFTAR GRAFIK.pdf Download (274kB) |
|
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (273kB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (372kB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Download (610kB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Download (380kB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (922kB) |
|
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (277kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (278kB) |
Abstract
ABSTRAK Lusi Salsadilla Noor. 2021. Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-Unsur dan Menyimpulkan Isi Teks Berita dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Dayeuhluhur Tahun Ajaran 2021/2022). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi. Kurikulum 2013 revisi, khususnya untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, merupakan kurikulum berbasis teks. Kompetensi dasar pada penelitian ini yaitu mengidentifikasi unsur-unsur teks berita dan menyimpulkan isi teks berita. Penulis melaksanakan penelitian dengan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan dapat atau tidaknya model pembelajaran Think Talk Write meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur�unsur teks berita dan menyimpulkan isi teks berita pada peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Dayeuhluhur tahun ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, teknik tes dan teknik wawancara dengan sumber data adalah peserta didik kelas VIII A. Kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah pada mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah 72. Dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur teks berita pada siklus kesatu terdapat 15 peserta didik (62,5%) yang belum mencapai KKM dan 9 peserta didik (37,5%) yang sudah mencapai KKM. Pada siklus kedua sebanyak 24 peserta didik (100%) dapat mencapai nilai KKM. Dalam Pembelajaran menyimpulkan isi teks berita siklus kesatu terdapat 16 peserta didik (67%) yang belum mencapai KKM dan 8 peserta didik (33%) yang sudah mencapai KKM. Pada siklus kedua 24 peserta didik (100%) dapat mencapai nilai KKM. Berdasarkan uji normalitas data nilai mengidentifikasi unsur-unsur dan menyimpulkan isi teks berita pada siklus kesatu dan siklus kedua data berdistribusi tidak normal dan untuk menghitung uji beda menggunakan uji willcoxon menunjukkan bahwa W hitung lebih kecil daripada nilai W tabel dengan taraf signifikasi 0,01 dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dan menunjukkan bahwa hipotesis tindakan penelitian ini diterima. Artinya model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur teks berita dan menyimpulkan isi teks berita pada peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Dayeuhluhur tahun ajaran 2021/2022
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 07 Feb 2022 01:08 |
Last Modified: | 07 Feb 2022 01:08 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4414 |
Actions (login required)
View Item |