PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK (Studi Kuasi Eksperimen Mata Pelajaran Ekonomi Pada Kelas X IPS Tahun Ajaran 2019/2020 MAN 1 Kota Tasikmalaya)

SEPTIANI, MERYNA DWI NUR (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK (Studi Kuasi Eksperimen Mata Pelajaran Ekonomi Pada Kelas X IPS Tahun Ajaran 2019/2020 MAN 1 Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. kelengkapan_baru.pdf

Download (337kB)
[img] Text
02. BAB I, III, III_baru.pdf

Download (842kB)
[img] Text
03. BAB IV, V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB)
[img] Text
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB)

Abstract

ABSTRAK Meryna Dwi Nur Septiani, 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik (Studi Kuasi Eksperimen Mata Pelajaran Ekonomi Pada Kelas X IPS Tahun Ajaran 2019/ 2020 MAN 1 Kota Tasikmalaya) Peneltian ini dilatar belakangi dari hasil observasi yang dilakukan, diketahui bahwa peserta didik kurang memahami dalam menyerap materi pembelajaran, hal ini dapat dilihat dari nilai peserta didik yang tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Metode yang digunakan dalam penelitia ini yaitu metode eksperimen atau percobaan (eksperimental research) dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPS MAN 1 Kota Tasikmalaya sebanyak 216 orang dengan sampel kelas yaitu kelas X IPS 2 sebagai kelompok kontrol sebanyak 36 dan kelas X IPS 4 sebagai kelompok eksperimen sebanyak 35 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian diketahi bahwa terdapat perbedaan peningkatan pemahaman konsep peserta didik pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) sesudah perlakuan. Kata Kunci: Model, Pembelajaran, Kooperatif Tipe Numbered Head Together, Pemahaman, Konsep

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 31 Jan 2022 03:01
Last Modified: 31 Jan 2022 03:01
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4330

Actions (login required)

View Item View Item