FADILAH, SOFIA RAHMA NUR (2021) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA MATERI KOORDINAT CARTESIUS DITINJAU DARI KECERDASAN LINGUISTIK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (82kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN DAN SURAT KETERANGAN.pdf Download (497kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (9kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (100kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (293kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (141kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (512kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (95kB) |
Abstract
ABSTRAK SOFIA RAHMA NUR FADILAH. 2021. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Koordinat Cartesius Ditinjau Dari Kecerdasan Linguistik. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis pada materi koordinat cartesius ditinjau dari kecerdasan linguistik. Penelitian dilaksanakan di kelas IX SMP Islam Rajapolah. Peneliti menggunakan metode eksploratif. Sumber data diambil dari peserta didik kelas IX dengan pemilihan subjek penelitian didasarkan pada peserta didik kelas XI yang tinggal di pondok pesantren; mampu tiga indikator, dua indikator dan satu indikator dari kemampuan komunikasi matematis; memiliki kecerdasan linguistik tinggi, sedang dan rendah. Sehingga terambil lima subjek yaitu satu orang yang memiliki kecerdasan linguistik tinggi, dua orang yang memiliki kecerdasan linguistik sedang dan dua orang yang memiliki kecerdasan linguistik rendah. Teknik pengumpulan data meliputi soal tes kemampuan komunikasi matematis, angket kecerdasan linguistik dan wawancara. Instrumen penelitian meliputi peneliti, soal tes kemampuan komunikasi matematis dan angket kecerdasan linguistik. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil analisis, S-3 yang memiliki kecerdasan linguistik tinggi mampu menuliskan ide dengan menggunakan istilah matematika secara tertulis dengan lengkap, mampu menyajikan ide ke dalam bentuk grafik dan mampu membuat model matematika. Selanjutnya, subjek yang memiliki kecerdasan linguistik sedang yaitu S-17 dan S-19. S-17 mampu menuliskan ide dengan menggunakan bahasa sendiri, mampu menyajikan ide ke dalam bentuk grafik serta membuat model matematika tetapi kesulitan menjelaskan ide matematika secara rinci serta memiliki kesulitan dalam menjelaskan kesimpulan hasil penyelesaian. S-19 mampu menyampaikan ide penyelesaian secara tertulis dan menyajikan ide ke dalam grafik tetapi kesulitan dalam membuat model matematika. Subjek yang memiliki kecerdasan linguistik rendah yaitu S-29 dan S-6. S-29 mampu menyampaikan ide penyelesaian secara tertulis dan membuat grafik tetapi tidak menuliskan informasi dengan lengkap dan kesulitan dalam mengekspresikan peristiwa sehari-hari ke dalam simbol matematika yang ditunjukkan dengan kesulitan dalam membuat model matematika. S-6 mampu menyampaikan ide menggunakan bahasa sendiri ke dalam bentuk tertulis tetapi mengalami kesulitan dalam membuat grafik dan kesulitan dalam membuat model matematika. Kata kunci: kemampuan komunikasi matematis, kecerdasan linguistik, koordinat cartesius
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 27 Jan 2022 04:18 |
Last Modified: | 27 Jan 2022 04:18 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4303 |
Actions (login required)
View Item |