PENGARUH MOTIVASI, GAYA HIDUP, DAN STATUS SOSIAL EKONOMI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA (Survei pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Siliwangi)

PRIYADI, RD. NIZAR AZHARI (2021) PENGARUH MOTIVASI, GAYA HIDUP, DAN STATUS SOSIAL EKONOMI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA (Survei pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Siliwangi). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI & LAMPIRAN cd fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Rd. Nizar Azhari Priyadi (2021). “PENGARUH MOTIVASI, GAYA HIDUP, DAN STATUS SOSIAL EKONOMI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA (Survei pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Siliwangi)” Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Pembimbing Dr. Ade Rustiana, Drs. M.Si,1), dan Astri srigustini, M.Pd.,2) Penelitian dilatar belakangi dengan masalah perilaku konsumtif yang banyak melanda kehidupan di masyarakat terutama bagi yang tinggal di perkotaan, fenomena ini menarik untuk diteliti mengingat perilaku konsumtif juga banyak melanda kehidupan remaja khususya mahasiswa di zaman sekarang ini. Tujuannya untuk mengetahui bagaimana pengaruh Motivasi, Gaya Hidup, dan Status Sosial Ekonomi terhadap Perilaku Kosumtif Mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian survei dengan teknik pengumpulan data melalui Kuesioner. Populasi sebanyak 346 mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 217, 2018, dan 2019 Universitas Siliwangi dengan jumlah sampel sebanyak 184 Mahasiswa. Hasil uji regresi linier berganda variabel Motivasi menunjukan nilai regresi sebesar 0,284 variabel Gaya Hidup menunjukan nilai sebesar 0,286 dan variabel Status Sosial Ekonomi menunjukan nilai sebesar 0,357. Dan hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai R Square sebesar 0,289 berarti pengaruh Motivasi, Gaya Hidup dan Status Sosial Ekonomi terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa sebesar 28,9%. Dari hasil uji F diperoleh nilai Fhitung 24,346 ≥ Ftabel 2,65, sehingga Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa Motivasi, Gaya Hidup, dan Status Sosial Ekonomi berpengaruh secara signifikan terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Kata Kunci : Motivasi, Gaya Hidup, Status Sosial Ekonomi, Perilaku Konsumtif

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 24 Jan 2022 07:24
Last Modified: 24 Jan 2022 07:24
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4185

Actions (login required)

View Item View Item