PENGARUH GENDER DAN GAYA BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIK PESERTA DIDIK (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VIII di SMPN 13 Tasikmalaya)

ISMIATI, DENTI (2021) PENGARUH GENDER DAN GAYA BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIK PESERTA DIDIK (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VIII di SMPN 13 Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Skripsi Denti Ismiati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31MB)

Abstract

ABSTRAK DENTI ISMIATI. 2021. Pengaruh Gender dan Gaya Belajar terjadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Peserta Didik. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh gender (laki-laki dan perempuan) terhadap kemampuan berpikir kritis matematik peserta didik, mengetahui pengaruh gaya belajar (visual, auditorial, dan kinestetik) terhadap kemampuan berpikir kritis matematik peserta didik dan mengetahui pengaruh interaksi gender (laki-laki dan perempuan) dan gaya belajar (visual, auditorial, dan kinestetik) terhadap kemampuan berpikir kritis matematik peserta didik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode pre-experimental designs (nondesigns) one-shot case study. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VIII G SMP Negeri 13 Tasikmalaya yang berjumlah 32 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan cara memberikan daftar isian identitas gender pada saat diberikan angket gaya belajar kepada peserta didik, memberikan angket gaya belajar kepada peserta didik dan memberikan tes kemampuan berpikir kritis matematik peserta didik pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Instrumen pada penelitian ini menggunakan angket gaya belajar dan soal tes kemampuan berpikir kritis matematik. Instrumen peneltian sebelum digunakan dilakukan uji coba instrumen penelitian meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang dilakukan dalam pengujian hipotesis adalah menguji normalitas data sampel, selanjutnya uji statistik anova dua jalur. Hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: (1) terdapat pengaruh gender terhadap kemampuan berpikir kritis matematik; (2) terdapat pengaruh gaya belajar terdahap kemampuan berpikir kritis matematik dan (3) tidak terdapat pengaruh interaksi antara gender dan gaya belajar terhadap kemampuan berpikir kritis matematik. Kata kunci: Penelitian Kuantitatif, Gender, Gaya Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis Matematik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 24 Jan 2022 07:24
Last Modified: 24 Jan 2022 07:24
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4181

Actions (login required)

View Item View Item