Nugraha, Arie Purwa (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED-HEAD TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS BERITA (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Cimaragas Tahun Ajaran 2018/ 2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (395kB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (166kB) |
|
Text
BAB II KAJIAN TEORITIS.pdf Download (245kB) |
|
Text
BAB III PROSEDUR PENELITIAN.pdf Download (376kB) |
|
Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (537kB) |
|
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (83kB) |
Abstract
ABSTRAK Arie Purwa Nugraha 2019. Keefektifan Model Pembelajaran Numbered�Head Together terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-Unsur dan Menyimpulkan Isi Teks Berita (Penelitian Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Cimaragas Kabupaten Ciamis Tahun Ajaran 2018/2019) Kompetensi Dasar mengidentifikasi unsur-unsur serta menyimpulkan isi teks berita merupakan kompetensi dasar yang harus dipelajari di kelas VIII. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Numbered-Head Together terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dan menyimpulkan isi teks berita pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Cimaragas tahun ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen sungguhan menggunakan control variable yang ada di kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil pengolahan data menunjukkan nilai pretest kemampuan mengidentifikasi unsur dalam teks berita hanya mencapai nilai rata-rata 69,3 sementara nilai postest sebesar 80,5. Nilai pretest kemampuan menyimpulkan isi teks berita hanya mencapai nilai rata-rata 64,4 sementara nilai postest menunjukkan angka sebesar 71,9. Hasil pengolahan data tabel output “independent samples test” pada bagian “equal variances assumsed” pretest dan postest kelas eksperimen dalam mengidentifikasi unsur teks berita diketahui nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,033 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Selanjutnya, pada tabel output “independent samples test” pada bagian “equal variances assumsed” pretest dan postest pada kelas kontrol diketahui bahwa kemampuan menyimpulkan isi teks berita mencapai nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,348 > 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan H1 ditolak. Dengan demikian, hipotesis penelitian yang dilaksanakan terbukti bahwa model pembelajaran Numbered-Head Together berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dan menyimpulkan isi teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cimaragas tahun ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 24 Jan 2022 07:23 |
Last Modified: | 24 Jan 2022 07:23 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4176 |
Actions (login required)
View Item |