PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED-HEAD TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS BERITA (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Cimaragas Tahun Ajaran 2018/ 2019)

Nugraha, Arie Purwa (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED-HEAD TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS BERITA (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Cimaragas Tahun Ajaran 2018/ 2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (395kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN TEORITIS.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB III PROSEDUR PENELITIAN.pdf

Download (376kB)
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (83kB)

Abstract

ABSTRAK Arie Purwa Nugraha 2019. Keefektifan Model Pembelajaran Numbered�Head Together terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-Unsur dan Menyimpulkan Isi Teks Berita (Penelitian Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Cimaragas Kabupaten Ciamis Tahun Ajaran 2018/2019) Kompetensi Dasar mengidentifikasi unsur-unsur serta menyimpulkan isi teks berita merupakan kompetensi dasar yang harus dipelajari di kelas VIII. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Numbered-Head Together terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dan menyimpulkan isi teks berita pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Cimaragas tahun ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen sungguhan menggunakan control variable yang ada di kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil pengolahan data menunjukkan nilai pretest kemampuan mengidentifikasi unsur dalam teks berita hanya mencapai nilai rata-rata 69,3 sementara nilai postest sebesar 80,5. Nilai pretest kemampuan menyimpulkan isi teks berita hanya mencapai nilai rata-rata 64,4 sementara nilai postest menunjukkan angka sebesar 71,9. Hasil pengolahan data tabel output “independent samples test” pada bagian “equal variances assumsed” pretest dan postest kelas eksperimen dalam mengidentifikasi unsur teks berita diketahui nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,033 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Selanjutnya, pada tabel output “independent samples test” pada bagian “equal variances assumsed” pretest dan postest pada kelas kontrol diketahui bahwa kemampuan menyimpulkan isi teks berita mencapai nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,348 > 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan H1 ditolak. Dengan demikian, hipotesis penelitian yang dilaksanakan terbukti bahwa model pembelajaran Numbered-Head Together berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dan menyimpulkan isi teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cimaragas tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 24 Jan 2022 07:23
Last Modified: 24 Jan 2022 07:23
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4176

Actions (login required)

View Item View Item