PENGARUH MODEL PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM RESPIRASI (Studi Eksperimen di Kelas XI SMAN 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019)

UTAMI, SRI (2019) PENGARUH MODEL PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM RESPIRASI (Studi Eksperimen di Kelas XI SMAN 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 Cover-Daftar Lampiran.pdf

Download (823kB)
[img] Text
02 BAB 1.pdf

Download (316kB)
[img] Text
03 BAB 2.pdf

Download (530kB)
[img] Text
04 BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
05 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
06 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] Text
06 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB)

Abstract

ABSTRAK SRI UTAMI. 2019. Pengaruh Model Predict-Observe-Explain (POE) Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik pada Materi Sistem Respirasi di Kelas XI SMAN 7 Tasikmalaya. Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Predict�Observe-Explain (POE) terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada materi sistem respirasi. Penelitian ini dilakukan di kelas XI SMAN 7 Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2018 sampai dengan Juli 2019 di SMAN 7 Tasikmalaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan Quasy�experiment dengan populasi seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 7 Tasikmalaya sebanyak 5 kelas dan sampel yang diambil dengan teknik purposive sampling. Sebanyak 31 orang peserta didik di kelas XI MIPA 1 yang menggunakan model Predict-Observe-Explain (POE) dan di XI MIPA 2 menggunakan model Discovery Learning sebanyak 31 peserta didik di SMAN 7 Tasikmalaya. Instrumen penelitian berupa tes keterampilan proses sains pada materi sistem respirasi, tes ini berupa soal uraian dengan 14 butir soal dengan lima indikator, teknik analisis data yang digunakan adalah uji t independent dengan taraf signifikan (α) = 5%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa ada pengaruh model Predict-Observe-Explain (POE) terhadap keterampilan proses sains pada materi sistem respirasi di kelas XI MIPA SMA Negeri 7 Tasikmalaya Kata kunci : model Predict-Observe-Explain (POE), keterampilan proses sains, sistem respirasi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 24 Jan 2022 00:56
Last Modified: 24 Jan 2022 00:56
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4142

Actions (login required)

View Item View Item