IRSAL, IRSAL (2020) PENGARUH ISLAMIC BRANDING DAN PHYSICAL EVIDENCE TERHADAP MINAT BELI DI AL-MUSLIM MART KOTA TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
9. SKRIPSI FULL_IRSAL_161002097.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Irsal. 2020. Pengaruh Islamic Branding dan Physical Evidence Terhadap Minat Beli di Al-Muslim Mart Kota Tasikmalaya: Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi. Minat beli di Al-Muslim Mart yang merupakan salah satu perusahaan retail di Kota Tasikmalaya yang menggunakan Islamic branding sebagai brandingnya dan mengutamakan fasilitas pelayanan/bukti fisik untuk menarik konsumen, jumlah transaksinya di tahun 2019 mencapai 25.000 transaksi dalam satu bulan. Apakah jumlah transaksi yang besar tersebut dipengaruhi Islamic branding dan physical evidence yang menjadi kelebihan Al-Muslim Mart atau tidak. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli di minimarket yaitu kebijakan harga, brand/merek, lokasi, keragaman dan mutu barang, fisik minimarket, iklan, promosi penjualan dan pelayanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari Islamic branding dan physical evidence terhadap minat beli di Al�Muslim Mart Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik mengumpulkan data yang digunakan adalah dengan kuesioner. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 12,500 orang dan sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Dalam teknik analisa data peneliti menggunakan uji regresi sederhana dan berganda, uji korelasi sederhana dan berganda, uji koefisien determinasi, uji t dan uji F. Hasil analisa data yang dilakukan menunjukan bahwa Islamic branding berpengaruh terhadap minat beli secara signifikan terlihat dari uji t dimana thitung 5,273 > dari ttabel dengan signifikansi 0,000 < 0,05 dan dengan nilai koefisien 0,698. Hal ini menunjukan bahwa Islamic branding merupakan faktor yang mempengaruhi minat beli. Selanjutnya physical evidence juga berpengaruh terhadap minat beli secara signifikan dilihat dari uji t dimana thitung 12,384 > dari ttabel 1,985 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 dan dengan nilai koefisien 0,575. Hal ini menunjukan bahwa physical evidence merupakan faktor yang mempengaruhi minat beli. Selanjutnya Islamic branding dan physical evidence bersama-sama secara simultan berpengaruh terhadap minat beli secara signifikan dapat dilihat dari uji F dimana nilai Fhitung > Ftabel (76,499 > 3,09) dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,00 < 0,05), nilai R square (R2) sebesar 0,612 atau jika di ubah kedalam bentuk persentase yaitu 61,2% artinya sumbangan pengaruh Islamic branding (X1) dan physical evidence (X2) terhadap minat beli (Y) sebesar 61,2%, sedangkan 38,8% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Islamic branding (X1) dan physical evidence (X2) sama-sama berpengaruh terhadap minat beli (Y) baik secara parsial maupun simultan. Kata kunci : Islamic Branding, Physical Evidence dan Minat Beli
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 18 Jan 2022 07:08 |
Last Modified: | 18 Jan 2022 07:08 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4089 |
Actions (login required)
View Item |