PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN TEKS PROSEDUR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (KEPALA BERNOMOR) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 19 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

Nuurainii, Nabiilah (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN TEKS PROSEDUR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (KEPALA BERNOMOR) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 19 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (251kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (221kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (223kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (942kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (538kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (682kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (688kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (402kB)

Abstract

Menelaah stuktur dan menyajikan teks prosedur merupakan kompetensi dasar yang harus dicapai oleh peserta didik kelas VII berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Meskipun demikian, pada kenyataannya masih banyak peserta didik kelas VIIG SMP Negeri 19 Tahun Ajaran 2019/2020 yang belum mampu menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan teks prosedur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Numbered Head Together (Kepala Bernomor) meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan teks prosedur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan wawancara. Berdasarkan hasil pengolahan data terdapat perubahan dan peningkatan proses dan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar siklus I aspek pengetahuan kompetensi dasar 3.6 menelaah struktur dan kaidah kebahasaan, peserta didik yang belum mencapai KKM 19 orang (68%) dan yang sudah mencapai KKM 9 orang (32%), dan aspek keterampilan kompetensi dasar 4.6 menyajikan teks prosedur, peserta didik didik yang belum mencapai KKM 19 orang (68%) dan yang sudah mencapai KKM 9 orang (32%) standar KKM di SMP Negeri 19 75, pada siklus II, aspek pengetahuan kompetensi dasar 3.6 menelaah struktur dan kaidah kebahasaan, peserta didik yang sudah mencapai KKM 28 orang (100%), dan aspek keterampilan kompetensi dasar 4.6 menyajikan teks prosedur, peserta didik yang sudah mencapai KKM 28 orang (100%). Jadi pada siklus kedua seluruh peserta didik di SMP Negeri 19 telah mencapai KKM. Untuk menguji keakuratan peningkatan KKM, data tersebut penulis uji dengan menggunakan uji Wilcoxon. Hasil uji data tersebut dapat menunjukan perbedaan atau peningkatan. Dari data tersebut menunjukan hipotesis diterima

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 17 Jan 2022 04:29
Last Modified: 17 Jan 2022 04:29
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4073

Actions (login required)

View Item View Item