Chairussuhur, Gina (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI TEKS PROSEDUR DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS PROSEDUR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII MTs PSA Miftahul Falah Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (42kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (86kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (148kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (90kB) |
|
Text
11. BAB 1.pdf Download (176kB) |
|
Text
12. BAB 2.pdf Download (361kB) |
|
Text
13. BAB 3.pdf Download (375kB) |
|
Text
14. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
15. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (86kB) |
Abstract
ABSTRAK Gina Chairussuhur. 2019. “Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Teks Prosedur dan Menyimpulkan Isi Teks Prosedur dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning. (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII MTs PSA Miftahul Falah Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat tidaknya model pembelajaran Problem Based Learning meningkatkan kemampuan mengidentifikasi teks prosedur dan menyimpulkan isi teks prosedur pada peserta didik kelas VII MTs PSA Miftahul Falah Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik tes, teknik observasi, dan teknik wawancara. Penelitian yang penulis laksanakan berhasil. Keberhasilan ini dibuktikan dengan adanya peningkatan kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi teks prosedur dan menyimpulkan isi teks prosedur pada peserta didik kelas VII MTs PSA Miftahul Falah Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Untuk lebih jelasnya penulis jabarkan nilai hasil belajar yang diperoleh peserta didik. Berdasarkan hasil pengolahan data terdapat peningkatan dari proses dan hasil belajar pada siklus kesatu dan siklus kedua. Hasil belajar siklus kesatu pada aspek pengetahuan kompetensi dasar 3.5 mengidentifikasi teks prosedur, peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 25 orang (100%), dan aspek keterampilan kompetensi dasar 4.5 menyimpulkan isi teks prosedur peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 20 0rang (80%), dan yang sudah mencapai KKM sebanyak 5 orang (20%). Pada siklus kedua, aspek pengetahuan kompetensi dasar 3.5 mengidentifikasi teks prosedur peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 25 orang (100%), dan pada aspek keterampilan kompetensi dasar 4.5 menyimpulkan isi teks prosedur sebanyak 25 0rang (100%). Jadi pada siklus kedua seluruh peserta didik telah mencapai KKM yang ditentukan. Data di atas menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan mengidentifikasi teks prosedur dan menyimpulkan isi teks prosedur dari siklus kesatu dan siklus kedua. Artinya, hipotesis dalam penelitian ini diterima, yaitu model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi teks prosedur dan menyimpulkan isi teks prosedur pada peserta didik kelas VII MTs PSA Miftahul Falah Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 01:12 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 01:12 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4026 |
Actions (login required)
View Item |