PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY TERHADAP SCIENTIFIC LITERACY SKILL DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP JARINGAN TUMBUHAN (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMA Negeri 9 Bekasi Tahun Ajaran 2019/2020)

Tsabit, Hamzah Abdul Fatah Taufik (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY TERHADAP SCIENTIFIC LITERACY SKILL DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP JARINGAN TUMBUHAN (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMA Negeri 9 Bekasi Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (56kB)
[img] Text
1.0 ABSTRAK.pdf

Download (117kB)
[img] Text
3 DAFTAR ISI.pdf

Download (280kB)
[img] Text
4 BAB I.pdf

Download (301kB)
[img] Text
5 BAB II.pdf

Download (981kB)
[img] Text
SodaPDF-converted-6 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
8 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] Text
9 Daftar Pustaka.pdf

Download (285kB)

Abstract

ABSTRAK HAMZAH ABDUL FATAH TAUFIK TSABIT PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY TERHADAP SCIENTIFIC LITERACY SKILL DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP JARINGAN TUMBUHAN (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMA Negeri 9 Bekasi Tahun Ajaran 2019/2020). Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran argument driven inquiry terhadap scientific literacy skill dan hasil belajar peserta didik pada konsep jaringan tumbuhan di Kelas XI SMA Negeri 9 Bekasi Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2019 hingga September 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah true experimental dengan desain penelitian pretest dan posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 9 Bekasi tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 6 kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 207 peserta didik. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yang diambil mengunakan teknik cluster random sampling dengan hasil kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa tes hasil belajar berbentuk pilihan majemuk sebanyak 30 butir soal dan tes scientific literacy skill berbentuk pilihan majemuk sebanyak 18 butir soal. Analisis data menggunakan uji ANCOVA dengan probabilitas atau taraf signifikan sebesar (α) = 5%. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh model pembelajaran argument driven inquiry terhadap scientific literacy skill dan hasil belajar pada konsep jaringan tumbuhan di kelas XI MIPA SMA 9 Bekasi tahun ajaran 2019/2020. Pada penelitian ini ditemukan terdapat peningkatan aspek kognitif hasil belajar pada aspek mengevaluasi (C5) dan peningkatan scientific literacy skill PISA pada aspek kompetensi mengidentifikasi isu ilmiah. Kata kunci: Hasil belajar, scientific literacy skill, argument driven inquiry, jaringan tumbuhan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 13 Jan 2022 06:58
Last Modified: 13 Jan 2022 06:58
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3996

Actions (login required)

View Item View Item