Ayu Lestari, Suci (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS PERSUASI SERTA MENYAJIKAN TEKS PERSUASI DENGAN MEMPERHATIKAN STRUKTUR DAN KEBAHASAAN(Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (39kB) |
|
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN, LEM.PERNYATAAN, ABSTRAK.pdf Restricted to Repository staff only Download (402kB) |
|
Text
7 BAB I.pdf Download (306kB) |
|
Text
8 BAB II.pdf Download (512kB) |
|
Text
9 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (454kB) |
|
Text
10 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
11 BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
|
Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) |
Abstract
Menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi serta menyajikan teks persuasi dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VIII. Untuk memenuhi tuntutan kurikulum tersebut, guru harus memberikan pembelajaran yang efektif, yaitu dengan menggunakan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) memaparkan keefektifan model Quantum Learning dalam pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019, (2) memaparkan keefektifan model Quantum Learning dalam pembelajaran menyajikan teks persuasi dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan teks persuasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen sungguhan. Teknik pengumpuan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi dan teknik tes dengan populasi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata postest di kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Quantum Learning yaitu kelas VIII E pada KD 3.14 mencapai nilai 93,5 dan KD 4.14 mencapai nilai 72,3. Sedangkan untuk kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran Quantum Learning yaitu kelas VIII D pada KD 3.14 mencapai nilai 75,5 dan KD 4.14 mencapai nilai 69,9. Berdasarkan uji Wilcoxon diketahui bahwa W-hitung = 0 < W-tabel = 107,27 dalam taraf signifikansi 0,01. Artinya model pembelajaran Quantum Learning efektif diterapkan dalam pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi serta menyajikan teks persuasi dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Haryadi Haryadi |
Date Deposited: | 15 Aug 2019 07:39 |
Last Modified: | 15 Aug 2019 08:48 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/399 |
Actions (login required)
View Item |