POLA ASUH ORANG TUA DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 4 – 5 TAHUN (Studi Pada Anak Usia 4 – 5 Tahun Di PAUD Terpadu Nurul Aeni Kel. Cilamajang. Kec. Kawalu. Kota Tasikmalaya )

Fuadah, Siti Samroh (2020) POLA ASUH ORANG TUA DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 4 – 5 TAHUN (Studi Pada Anak Usia 4 – 5 Tahun Di PAUD Terpadu Nurul Aeni Kel. Cilamajang. Kec. Kawalu. Kota Tasikmalaya ). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
cover-Lampiran.pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB 2 .pdf

Download (261kB)
[img] Text
bab 3 .pdf

Download (412kB)
[img] Text
BAB 4 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)

Abstract

ABSTRAK Siti Samroh Fuadah, NIM 162103090. Pola Asuh Orang Tua dan Pengaruhnya terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak (Studi Pada Anak Usia 4 -5 Tahun Di PAUD Terpadu Nurul Aeni Kel. Cilamajang. Kec. Kawalu, Kota Tasikmalaya) Program Studi Pendidikan Masyarakat. FKIP Universitas Siliwangi Penelitian ini dilatar belakangi oleh mayoritas orangtua yang kurang memahami dalam pola asuh yang diterapkan kepada anak sehingga berpengaruh terhadap perkembangan sosial emosional anak.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial emosional anak di PAUD Terpadu Nurul Aeni Cilamajang Kawalu Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020.Metode dalam penelitian ini adalah peneliti korelasional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa yang berusia 4 – 5 tahun. Teknik pengumpulan data untuk variabel X ( Pola Asuh Orang Tua), yaitu denagn menggunakan angket atau kuesioner yang disajikan dalam bentuk pertanyaan. Ke -12 pertanyaan tersebut dikaitkan dengan indikator dari variabel X : pola asuh otoriter, pola asuh demokratis dan pola asuh permisif. Untuk variabel Y ( Memahami sikap disiplin, menunjukan sikap mandiri dalam memilih kegiatan, mau berbagi, menolong, dan membantu teman, menunjukan rasa antusiasme dalam melakukan permainan komperatif secara positf, memiliki rasa empati) yaitu dengan menggunakan observasi pada penilaian anak tahun ajaran 2019/2020.Teori yang mendasari adalah teori Hurlock yang menyatakan bahwa pola asuh terbagi menjadi tiga bagian diantaranya, Authoritarian, Democratie,dan Permissive Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh pola asuh terhadap perkembanagn sosial emosional anak diPAUD Terpadu Nurul Aeni Tasikmalaya. Hasil korelasi perhitungan diperoleh nilai r= 0,461 dapat disimpulkan adanya hubungan yang signifikan antara pola asu orang tua terhadap perkembangan sosial emosional anak di PAUD Terpadu Nurul Aeni.cilamakang Kawalu Tasikmalaya. Kata Kunci: Anak , Perkembangan,Sosial

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 13 Jan 2022 06:27
Last Modified: 13 Jan 2022 06:27
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3988

Actions (login required)

View Item View Item