Lidiya, Seli (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS CERITA FANTASI(Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII Semester 1 SMP Negeri 1 Cibalong Garut Tahun Ajaran 2017/2018). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (16kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (207kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (273kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (278kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
|
Text
Daftar pustaka.pdf Download (91kB) |
Abstract
Kompetensi dasar mengidentifikasi dan menceritakan kembali isi teks cerita fantasi merupakan kompetensi yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VII. Agar peserta didik dapat menguasai materi pembelajaran tersebut, guru perlu mengefektifkan proses kegiatan pembelajaran. Untuk terwujudnya pembelajaran yang efektif perlu menggunakan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan pembelajaran mengidentifikasi teks cerita fantasi dan menceritakan kembali isi teks cerita fantasi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Cibalong tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah eksperimen sungguhan, teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik tes dengan sumber data peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Cibalong tahun ajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data rata-rata skor tes akhir di kelas eksperimen pada KD 3.3 mencapai nilai 80, dan KD 4.3 mencapai nilai 80, sedangkan, untuk kelas kontrol pada KD 3.3 mencapai nilai 57 dan KD 4.3 mencapai nilai 55. Berdasarkan uji statiska dengan menggunakan uji Wilcokson diketahui bahwa W(hitung) (0) < W(tabel) 98,4 untuk kemampuan mengidentifikasi teks cerita fantasi, dan W(hitung) (0) < W(tabel) 77,3 untuk kemampuan menceritakan kembali isi teks cerita fantasi dengan demikian. Artinya, model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berpengaruh dalam pembelajaran mengidentifikasi dan menceritakan kembali isi teks cerita fantasi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Cibalong Garut tahun ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Haryadi Haryadi |
Date Deposited: | 15 Aug 2019 07:23 |
Last Modified: | 15 Aug 2019 07:23 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/397 |
Actions (login required)
View Item |