Fadhilah Ghassani, Qanita (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DALAM PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS PUISI RAKYAT(PANTUN, SYAIR, DAN GURINDAM) (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Cicalengka Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (89kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
|
Text
7. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (156kB) |
|
Text
8. BAB II KAJIAN TEORETIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (348kB) |
|
Text
9. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) |
|
Text
10. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
11. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (98kB) |
Abstract
Dalam kurikulum 2013, salah satu mata pelajaran yang wajib diikuti oleh seluruh peserta didik dalam tingkat satuan atau jenjang pendidikan adalah pelajaran bahasa Indonesia. Dalam proses pembelajarannya siswa harus berhadapan langsung dengan contoh atau jenis teks yang akan dipelajari sebab kurikulum 2013 telah mengedepankan pembelajaran berbasis teks. Beberapa jenis teks yang harus dikuasai oleh siswa SMP kelas VII berdasarkan kurikulum 2013 salah satunya yaitu Kompetensi Dasar 3.13 Mengidentifikasi informasi (pesan, rima, dan pilihan kata) dari puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar serta Kompetensi Dasar 4.13 Menyimpulkan isi puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang disajikan dalam bentuk tulis. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan keefektifan model pembelajaran Snowball Throwing dalam pembelajaran mengidentifikasi dan menyimpulkan isi teks puisi rakyat (Pantun, Syair, dan Gurindam) pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Cicalengka tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen sungguhan. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi dan teknik tes dengan populasi peserta didik kelas VIII SMPN 1 Cicalengka tahun ajaran 2018/2019. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata skor tes akhir di kelas eksperimen (VII C) pada Kompetensi Dasar 3.13 adalah 82 dan Kompetensi Dasar 4.13 adalah 86. Rata-rata skor tes akhir untuk kelas kontrol (VII A) pada Kompetensi Dasar 3.13 adalah 78 dan Kompetensi Dasar 4.13 adalah 79. Berdasarkan uji Wilcoxon diketahui bahwa nilai Whitung (5) < Wtabel (107,3) pada Kompetensi Dasar 3.13 dan diketahui Whitung (0) < Wtabel (107,3) pada Kompetensi Dasar 4.13. Artinya, terdapat perbedaan antara nilai rata-rata peserta didik di kelas yang menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dengan kelas yang menggunakan teknik diskusi. Dengan demikian, model pembelajaran Snowball Throwing efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi teks puisi rakyat pada peserta didik kelas VII SMPN 1 Cicalengka tahun ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Haryadi Haryadi |
Date Deposited: | 15 Aug 2019 07:05 |
Last Modified: | 15 Aug 2019 07:05 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/394 |
Actions (login required)
View Item |