PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR, KAIDAH KEBAHASAAN, DAN MENYAJIKAN TEKS BERITA, DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII A MTs Nurul Huda Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019)

Candra, Rika (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR, KAIDAH KEBAHASAAN, DAN MENYAJIKAN TEKS BERITA, DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII A MTs Nurul Huda Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (25kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (8kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR ISI (1).pdf

Download (35kB)
[img] Text
BAB I -V MENYATU 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Rika Candra. 2019. Meningkatkan Kemampuan Menelaah Struktur, Kebahasaan, dan Menyajikan Teks Berita dengan Menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw. (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIIIA MTs Nurul Huda Tahun Ajaran 2018/2019). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Menelaah struktur dan menyajikan teks berita merupakan kompetensi dasar yang harus dicapai oleh peserta didik kelas VIII berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Meskipun demikian, pada kenyataannya masih banyak peserta didik kelas VIIIA MTs Nurul Huda Tahun Ajaran 2018/2019 yang belum mampu menelaah struktur, kaidah kebahasaan, dan menyajikan teks berita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembalajaran Jigsaw meningkatkan kemampuan menelaah struktur teks berita, kaidah kebahasaan dan menyajikan teks berita. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan wawancara. Berdasarkan hasil pengolahan data terdapat perubahan dan peningkatan proses dan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar siklus I aspek pengetahuan kompetensi dasar 3.2 menelaah struktur teks berita, peserta didik yang belum mencapai KKM 10 orang (43%), dan yang sudah mencapai KKM 18 orang (64%), dan aspek keterampilan kompetensi dasar 4.2 menyajikan teks berita peserta didik yang belum mencapai KKM 12 orang (36%), dan yang sudah mencapai KKM 16 orang (57%) standar KKM di MTs Nurul Huda 70, pada siklus II, aspek pengetahuan kompetensi dasar 3.2 yaitu menelaah struktur dan kebahasaan teks berita peserta didik yang mencapai KKM 28 orang (100%), dan pada aspek keterampilan kompetensi dasar 4.2 yaitu menyajikan teks berita peserta didik yang mencapai KKM 28 orang (100%). Jadi pada siklus kedua seluruh peserta didik di MTs Nurul Huda telah mencapai KKM. Untuk menguji keakuratan peningkatan KKM, data tersebut penulis uji dengan menggunakan uji Wilcoxon. Hasil uji data tersebut dapat menunjukkan perbedaan atau peningkatan. Dari data tersebut menunjukkan hipotesis diterima

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 10 Jan 2022 07:28
Last Modified: 10 Jan 2022 07:28
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3937

Actions (login required)

View Item View Item