PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEBERHASILAN PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS FABEL (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII SMPN 1 SukarajaTahun Ajaran 2018/2019)

Lucyana, Lanna (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEBERHASILAN PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS FABEL (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII SMPN 1 SukarajaTahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (148kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (259kB)
[img] Text
DAFTAR ISI (1).pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN Revisi.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB II LANDASAN TEORETIS.pdf

Download (499kB)
[img] Text
BAB III PROSEDUR PENELITIAN.pdf

Download (706kB)
[img] Text
BAB IV HASIL DAN PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (251kB)

Abstract

ABSTRAK Lanna Lucyana. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Keberhasilan Pembelajaran Mengidentifikasi Informasi Dan Menceritakan Kembali Isi Teks Fabel (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Sukaraja Tahun Ajaran 2018/2019) Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Siliwangi Tasikmalaya. Dalam Kurikulum 2013 revisi salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VII semester 2 adalah KD 3.15 Mengidentifikasi informasi tentang fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar dan KD 4.15 Menceritakan kembali isi fabel/legenda daerah setempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audiovisaul terhadap kemampuan peserta didik dalam pembelajaran mengidentifikasi informasi dan menceritakan kembali isi teks fabel kelas VII SMP Negeri 1 Sukaraja tahun ajaran 2018/2019. Rumusan masalah penelitian ini adalah ”Berpengaruhkah media audio visual terhadap keberhasilan pembelajaran mengidentifikasi informasi dan menceritakan kembali isi teks fabel pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Sukaraja tahun ajaran 2018/2019?”. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Media audio visual dapat berpengaruh terhadap keberhasilan pembelajaran mengidentifikasi informasi dan menceritakan kembali isi teks fabel pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Sukaraja tahun ajaran 2018/2019. Berdasarkan data penelitian diketahui bahwa, nilai rata-rata tes awal (pretest) dan tes akhir (postest) untuk kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran audio visual yaitu kelas VII F pada KD 3.15 mencapai angka 63,44 dan 81,19 dan pada KD 4.15 mencapai angka 62,75 dan 94,56 sedangkan di kelas kontrol yang tidak menggunakan media audio visual yaitu kelas VII J pada KD 3.15 mencapai angka 60,11 dan 78,75 dan pada KD 4.15 mencapai angka 62,77 dan 86,72. Dengan demikian, nilai rata-rata kelompok kelas yang menggunakan media audio visual lebih tinggi daripada nilai rata-rata kelompok kelas yang tidak menggunakan media audio visual. Berdasarkan uji wilcoxon diketahui bahwa Whitung = 0 <Wtabel =169,06. Artinya media audio visual berpengaruh terhadap keberhasilan pembelajaran mengidentifikasi informasi dan menceritakan kembali isi teks fabel pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Sukaraja tahun ajaran 2018/2019

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 10 Jan 2022 01:08
Last Modified: 10 Jan 2022 01:08
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3894

Actions (login required)

View Item View Item