Lucyana, Lanna (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEBERHASILAN PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS FABEL (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII SMPN 1 SukarajaTahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (148kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (259kB) |
|
Text
DAFTAR ISI (1).pdf Download (234kB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN Revisi.pdf Download (277kB) |
|
Text
BAB II LANDASAN TEORETIS.pdf Download (499kB) |
|
Text
BAB III PROSEDUR PENELITIAN.pdf Download (706kB) |
|
Text
BAB IV HASIL DAN PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (251kB) |
Abstract
ABSTRAK Lanna Lucyana. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Keberhasilan Pembelajaran Mengidentifikasi Informasi Dan Menceritakan Kembali Isi Teks Fabel (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Sukaraja Tahun Ajaran 2018/2019) Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Siliwangi Tasikmalaya. Dalam Kurikulum 2013 revisi salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VII semester 2 adalah KD 3.15 Mengidentifikasi informasi tentang fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar dan KD 4.15 Menceritakan kembali isi fabel/legenda daerah setempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audiovisaul terhadap kemampuan peserta didik dalam pembelajaran mengidentifikasi informasi dan menceritakan kembali isi teks fabel kelas VII SMP Negeri 1 Sukaraja tahun ajaran 2018/2019. Rumusan masalah penelitian ini adalah ”Berpengaruhkah media audio visual terhadap keberhasilan pembelajaran mengidentifikasi informasi dan menceritakan kembali isi teks fabel pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Sukaraja tahun ajaran 2018/2019?”. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Media audio visual dapat berpengaruh terhadap keberhasilan pembelajaran mengidentifikasi informasi dan menceritakan kembali isi teks fabel pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Sukaraja tahun ajaran 2018/2019. Berdasarkan data penelitian diketahui bahwa, nilai rata-rata tes awal (pretest) dan tes akhir (postest) untuk kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran audio visual yaitu kelas VII F pada KD 3.15 mencapai angka 63,44 dan 81,19 dan pada KD 4.15 mencapai angka 62,75 dan 94,56 sedangkan di kelas kontrol yang tidak menggunakan media audio visual yaitu kelas VII J pada KD 3.15 mencapai angka 60,11 dan 78,75 dan pada KD 4.15 mencapai angka 62,77 dan 86,72. Dengan demikian, nilai rata-rata kelompok kelas yang menggunakan media audio visual lebih tinggi daripada nilai rata-rata kelompok kelas yang tidak menggunakan media audio visual. Berdasarkan uji wilcoxon diketahui bahwa Whitung = 0 <Wtabel =169,06. Artinya media audio visual berpengaruh terhadap keberhasilan pembelajaran mengidentifikasi informasi dan menceritakan kembali isi teks fabel pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Sukaraja tahun ajaran 2018/2019
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 10 Jan 2022 01:08 |
Last Modified: | 10 Jan 2022 01:08 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3894 |
Actions (login required)
View Item |