EFEKTIVITAS STRATEGI HEURISTIK DENGAN PENDEKATAN METAKOGNITIF DAN INVESTIGASI TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK DITINJAU DARI KREATIVITAS PESERTA DIDIK

Mulyani, Maya (2020) EFEKTIVITAS STRATEGI HEURISTIK DENGAN PENDEKATAN METAKOGNITIF DAN INVESTIGASI TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK DITINJAU DARI KREATIVITAS PESERTA DIDIK. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER TESIS OK.pdf

Download (26kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR TESIS MEY OK.pdf

Download (426kB)
[img] Text
TESIS MAYA MULYANI (178102019).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK MAYA MULYANI (2020). EFEKTIVITAS STRATEGI HEURISTIK DENGAN PENDEKATAN METAKOGNITIF DAN INVESTIGASI TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK DITINJAU DARI KREATIVITAS PESERTA DIDIK. Program Studi Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas dari strategi pembelajaran Heuristik dengan pendekatan Metakognitif dan Investigasi terhadap kemampuan koneksi matematik peserta didik dan interaksinya terhadap kreativitas peserta didik pada materi Trigonometri. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial 2 x 2. Populasi penelitian seluruh kelas X di SMA Al Muttaqin dan SMA Negeri 1 Tasikmalaya semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling, sehingga jumlah sampel penelitian 120 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan angket. Tes berupa soal esai mengenai kemampuan koneksi matematika dan tes kreativitas. Analisis instrumen pada kemampuan koneksi matematik mencakup validitas isi, terdiri dari analisis tingkat perbedaan, indeks kesulitan dan reliabilitas. Analisis hasil kreativitas mencakup validitas isi, konsistensi internal, dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari Uji keseimbangan, analisis prakondisi (Normalitas dan Homogenitas). Uji analisis hipotesis yang digunakan adalah analisis varian dua arah dengan sel tidak sama. Kesimpulan dari penelitian ini (1) Pendekatan pembelajaran metakognitif dan investigasi pada strategi heuristik efektif dalam pembelajaran matematika, (2) Tidak terdapat perbedaan hasil dari pendekatan pembelajaran Metakognitif dan pendekatan pembelajaran Investigasi pada strategi heuristik pada kemampuan koneksi matematik, (3) Peserta didik yang memiliki kreativitas tinggi mempunyai kemampuan koneksi matematik yang lebih baik daripada peserta didik yang memiliki kreativitas sedang maupun rendah, dan peserta didik yang memiliki kreativitas sedang mempunyai kemampuan koneksi matematik yang lebih baik daripada peserta didik yang memiliki kreativitas rendah, (4) Pada peserta didik yang diberikan dengan pendekatan pembelajaran Metakognitif maupun Investigasi, peserta didik dengan kreativitas tinggi mempunyai kemampuan koneksi matematik yang lebih baik daripada peserta didik dengan kreativitas sedang maupun rendah, dan peserta didik dengan kreativitas sedang mempunyai kemampuan koneksi matematik yang lebih baik daripada peserta didik dengan kreativitas rendah, (5) Pada kategori tingkat kreativitas tinggi dan rendah, peserta didik yang diberi pembelajaran dengan pendekatan Metakognitif memiliki kemampuan koneksi matematik yang lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang diberi pembelajaran dengan pendekatan Investigasi. Kata Kunci: Heuristik, Metakognitif, Investigasi, Konesi Matematik, Kreativitas

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 04 Jan 2022 06:55
Last Modified: 04 Jan 2022 06:55
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3854

Actions (login required)

View Item View Item