Rismayani, Ai (2019) Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Informasi dan Menyimpulkan Isi Teks Eksposisi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 9 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/ 2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (27kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
7. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (144kB) |
|
Text
8. BAB II KAJIAN TEORETIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
|
Text
9. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
|
Text
10. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (611kB) |
|
Text
11. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (32kB) |
Abstract
Mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi teks eksposisi merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki peserta didik kelas VIII berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Namun, kenyataannya peserta didik kelas VIII SMP Negeri 9 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019 banyak yang belum mampu mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi teks eksposisi. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui dapat dan tidaknya model pembelajaran Talking Stick meningkatkan kemampuan mengidentifikasi informasi teks eksposisi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 9 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. 2) Mengetahui dapat dan tidaknya model pembelajaran Talking Stick meningkatkan kemampuan menyimpulkan isi teks eksposisi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 9 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu metode penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan wawancara. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini terbukti kebenarannya dan dapat dipertanggungjawabkan. Berdasarkan hasil pengolahan data, penilaian aspek pengetahuan, pada siklus I terdapat peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM sebanyak 24 orang (75%) dan peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 8 orang (25%). Pada siklus II, Peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM sebanyak 7 orang (21,87%) dan peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 25 orang (78,13%). Pada siklus III, semua peserta didik memperoleh nilai diatas KKM (100%). Selanjutnya, penilaian aspek keterampilan, pada siklus 1, peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM sebanyak 27 orang (84,37%) dan peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 5 orang (15,63%).. Pada siklus II, peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM sebanyak 11 orang (34,37%) dan peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 21 orang (65,83%). Pada siklus III, semua peserta didik memperoleh nilai diatas KKM (100%)..KKM mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 6 Tasikmalaya untuk kelas VIII adalah 75. Data di atas menyatakan bahwa hipotesis tindakan diterima. Artinya, model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi teks eksposisi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 9 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Haryadi Haryadi |
Date Deposited: | 15 Aug 2019 03:53 |
Last Modified: | 15 Aug 2019 03:53 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/380 |
Actions (login required)
View Item |