Saripah, Ulpah (2020) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS CERITA FANTASI SERTA MENYAJIKAN GAGASAN KREATIF DALAM BENTUK TEKS CERITA FANTASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII Semester 1 SMP Plus Miftahul Ulum Gunungtanjung Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
SKRIPSI ULPAH SARIPAH (162121060).pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
ABSTRAK UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS CERITA FANTASI SERTA MENYAJIKAN GAGASAN KREATIF DALAM BENTUK TEKS CERITA FANTASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION Kemampuan menelaah dan menyajikan teks cerita fantasi merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VII SMP/MTS sederajat beradarkan kurikulum 2013 revisi.Namun kenyataan di SMP Plus Miftahul Ulum Gunung Tanjung belum mampu menelaah struktur kebahasaan dan menyajikan teks cerita fantasi,sehingga masih banyak belajar peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Belajar[KKB] Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Team Assisted Individualition meningkatkan kemampuan peserta didik kelas VII SMP Plus Miftahul Ulum Gunung Tanjung Kab Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang dipergunakan penulis adalah metode penelitian kelas[PTK].Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi,teknik wawancara,teknik dokumentasi dan teknik tes dengan sumber data penelitian peserta didik kelas VII SMP Plus Miftahul Ulum Gunung Tanjung Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020. Pembelajaran siklus I pertemuan pertama terkait menelaah struktur dan kebahasaan teks cerita fantasi terdapat 14 peserta didik[50%] yang belum mencapai [Kriteria Ketuntasan Belajar].Sedangkan pada pertemuan kedua terkait menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk teks cerita fantasi,terdapat 18 peserta didik[64,28%]yang belum mencapai kriteria Ketuntasan Belajar[KKB] dan 10 peserta didik[35,71%] yang telah mencapai Kriteria Ketuntasan Belajar[KKB]. Pembelajaran pada siklus II pertemuan pertama dan pertemuan kedua,seluruh peserta didik[100%] telah mencapai Kriteria Ketuntasan Belajar[KKB] yang telah ditentukan yaitu 75. Berdasarkan data tersebut terlihat adanya peningkatan dari siklus I ke silus II,itu berarti hipotesis tindakan dalam penelitian ini dapat diterima.Artinya model pembelajaraan Team Assisted Individualition dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menelaah dan menyajikan teks cerita fantasi pada peserta didik kelas VII semester 1 SMP Plus Miftahul Ulum GunungTanjung Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 27 Dec 2021 04:37 |
Last Modified: | 27 Dec 2021 04:37 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3724 |
Actions (login required)
View Item |