ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK BERDASARKAN MULTIPLE INTELLIGENCES

FASIH, SOEMIYATI (2020) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK BERDASARKAN MULTIPLE INTELLIGENCES. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Sidang SKRIPSI 10.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

ABSTRAK SOEMIYATI FASIH. 2020. ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK BERDASARKAN MULTIPLE INTELLIGENCES. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan multiple intelligences pada peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan metode eksplorasi. Teknik pengambilan datanya menggunakan think aloud methods. Pengumpulan data diperoleh melalui tes kemampuan berpikir kritis, pemberian angket RIMI dan wawancara. Penentuan subjek penelitian diambil dari peserta didik yang dominan multiple intelligencenya, dan hanya terdapat tujuh dari delapan jenis kecerdasan. Teknik analisis yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis dengan lima indikator menurut Ennis yaitu elementary clarification, basic support, strategies & tactics, advances clarification dan inference sudah dapat dipenuhi oleh masing-masing jenis multiple intelligences yang dimiliki oleh peserta didik. Peserta didik dengan jenis kecerdasan naturalistik pada indikator strategies & tactics sudah mampu menggunakan strategi yang tepat tetapi terdapat kesalahan dalam proses perhitungan. Hal serupa juga terjadi pada peserta didik dengan jenis kecerdasan musikal pada indikator strategies & tactics yaitu melakukan kesalahan dalam proses perhitungan, tetapi dapat melakukan pengecekan ulang sehingga menemukan hasil jawaban yang benar. Peserta didik dengan jenis kecerdasan logika-matematika pada semua indikator kemampuan berpikir kritis sudah mampu mengidentifikasi perkalimat, membuat rumus matematika dengan benar, dan mengidentifikasi hubungan antara konsep dengan model matematika serta menemukan hasil jawaban yang benar. Peserta didik dengan jenis kecerdasan intrapersonal mengerjakan soal tes pada semua indikator dengan menuliskan dan menjelaskan permasalahan secara lengkap dan sistematis. Peserta didik dengan jenis kecerdasan kinestetik ( pada indikator strategies and tactics terlihat sering menggerakkan anggota tubuhnya, hal tersebut memengaruhi peserta didik dalam menemukan langkah dan hasil yang tepat untuk menjawab permasalahan tersebut. Peserta didik dengan jenis kecerdasan spasial pada indikator elementary clarification dapat mengidentifikasi masalah dengan mengilustrasikan unsur-unsur yang diketahui kedalam bentuk gambar. Peserta didik dengan jenis kecerdasan interpersonal ( dalam mengerjakan soal tes kemampuan berpikir kritis banyak bertanya kepada peneliti. Kata kunci: Analisis, berpikir kritis, multiple intelligences

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 27 Dec 2021 04:37
Last Modified: 27 Dec 2021 04:37
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3720

Actions (login required)

View Item View Item