Listiawati, Lilis (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR, KAIDAH KEBAHASAAN DAN MENYAJIKAN DATA, GAGASAN, KESAN DALAM BENTUK TEKS DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII MTs Bustanul Wildan Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
SodaPDF-converted-SKRIPSI LILIS REVISI.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Lilis Listiawati. 2020. Peningkatan Kemampuan Menelaah Struktur, Kaidah Kebahasaan dan Menyajikan Data, Gagasan, Kesan dalam Bentuk Teks Deskripsi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write. (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII MTs Bustanul Wildan Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Menelaah stuktur, kaidah kebahasaan serta menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi merupakan kompetensi dasar yang harus dicapai oleh peserta didik kelas VII berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Meskipun demikian, pada kenyataannya masih banyak peserta didik kelas VII MTs Bustanul Wildan Tahun Ajaran 2019/2020 yang belum mampu menelaah struktur, kaidah kebahasaan serta menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi. Oleh karena itu, penulis melakukan Penelitian Tindakan Kelas untuk memperbaiki proses dan hasil pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Think Talk Write meningkatkan kemampuan menelaah struktur, kaidah kebahasaan serta menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deksripsi. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, teknik wawancara, teknik tes, dan teknik dokumentasi. Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui bahwa hasil belajar siklus kesatu aspek pengetahuan KD 3.2 menelaah struktur dan kaidah kebahasaan teks deskripsi, peserta didik yang belum mencapai KKM 11 orang (55%) dan yang sudah mencapai KKM 9 orang (45%), dan aspek keterampilan KD 4.2 menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi, peserta didik didik yang belum mencapai KKM 14 orang (70%) dan yang sudah mencapai KKM 6 orang (30%). Pada siklus kedua, aspek pengetahuan KD 3.2 menelaah struktur dan kaidah kebahasaan deskripsi, peserta didik yang sudah mencapai KKM 20 orang (100%), dan aspek keterampilan KD 4.2 menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi, peserta didik yang sudah mencapai KKM 20 orang (100%). Penulis menyimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Artinya model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan kemampuan menelaah struktur, kaidah kebahasaan dan menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi pada pada peserta didik kelas VII MTs Bustanul Wildan Tahun Ajaran 2019/2020
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 27 Dec 2021 04:37 |
Last Modified: | 27 Dec 2021 04:37 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3712 |
Actions (login required)
View Item |