Rifkyani, Keke (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS CERITA FANTASI YANG DIBACA DAN DIDENGAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII MTs Manbaul Ulum Gunajaya Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
SKRIPSI_KEKE_162121097.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Keke Rifkyani. 2020. Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur- Unsur dan Menceritakan Kembali Isi Teks Cerita Fantasi. (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Peserta Didik Kelas VII MTs Manbaul Ulum Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Mengacu pada silabus Bahasa Indonesia tahun 2016, terdapat satu pasang Kompetensi Dasar (KD) yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VII SMP/MTs, yaitu Mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kemballi isi teks cerita fantasi. Akan tetapi pada kenyataannya di kelas VII MTs Manbaul Ulum belum semua peserta didik mampu mencapai dan melampaui nilai Kriteria Ketuntasan Belajar (KKB). Maka dari itu dalam mengatasi permasalahan tersebut, penulis melaksanakan penelitian berupa penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran talking stick meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali isi teks cerita fantasi pada peserta didik kelas VII Mts Manbaul Ulum tahun ajaran 2019/2020. Untuk mencapai tujuan tersebut, penulis menggunakan metode penelitian tindakan kelas dan menerapkan teknik observasi, tes dan wawancara. Penelitian yang penulis lakukan menggunakan dua siklus dengan beberapa tahapan yaitu perencanaan tindakan, mengobservasi dan mengevaluasi (proses dan hasil tindakan), merefleksi serta seterusnya hingga mencapai kualitas nilai peserta didik yang diharapkan. Berdasarkan pengolahan nilai siklus kesatu aspek pengetahuan sebanyak 17 orang (77,3%) berhasil mencapai KKB dan sebanyak 5 orang (22,7%) belum mencapai KKB. Kemudian pada aspek keterampilan siklus kesatu sebanyak 1 orang (4,5%) belum berhasil mencapai KKB dan sebanyak 21 orang (95,5%) berhasil mencapai KKB. Pada siklus kedua terjadi peningkatan pada aspek pengetahuan dan keterampilan yaitu sebanyak 22 orang (100%) peserta didik mencapai nilai KKB 75 yang telah ditentukan sekolah. Sesuai dengan data yang telah diperoleh bisa disimpulkan bahwa hipotesis pada penelitian ini dapat diterima. Artinya model pembelajaran talking stick v meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali isi teks cerita fantasi pada peserta didik kelas VII MTs Manbaul Ulum tahun ajaran 2019/2020
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 22 Dec 2021 06:17 |
Last Modified: | 22 Dec 2021 06:17 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3586 |
Actions (login required)
View Item |