ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR LATERAL PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH GEOMETRI DITINJAU DARI TAHAPAN BERPIKIR VAN HIELE

SUSILOWATI, HENDA IKA (2020) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR LATERAL PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH GEOMETRI DITINJAU DARI TAHAPAN BERPIKIR VAN HIELE. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
henda ika susilowati skripsi final.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK HENDA IKA SUSILOWATI. 2020. ANALISIS KKEMAMPUAN BERPIKIR LATERAL PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH GEOMETRI DITINJAU DARI TAHAPAN BERPIKIR VAN HIELE. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir lateral peserta didik dalam memecahkan masalah geometri ditinjau dari tahap berpikir Van Hiele. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksploratif dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes Kemampuan Berpikir Lateral dan Van Hiele Geometry Test (VHGT). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini dibagi menjadi tiga yaitu tempat pelaksanaan di SMP PLUS AN-NUUR, pelaku dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX-D, aktivitas dalam penelitian ini adalah kegiatan subjek dalam mengerjakan Tes Kemampuan Berpikir Lateral dan Van Hiele Geometry Test (VHGT). Teknik yang digunakan dalam menganalisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa; (1) Peserta didik dengan tahapan visualisasi mampu memenuhi keempat langkah kemampuan berpikir lateral tetapi menghasilkan jawaban yang salah, dalam menyelesaikan soal kemampuan berpikir lateral hanya sekedar berdasarkan karakteristik visual dan penampakannya , (2) Peserta didik dengan tahap analisis mampu memenuhi keempat langkah kemampuan berpikir lateral dan mendapatkan hasil jawaban yang benar, dalam menyelesaikan soal kemampuan berpikir lateral menggunakan analisa sifat-sifat dari geometri serta membuat pemodelan geometri, (3) Peserta didik dengan tahap abstraksi mampu memenuhi keempat langkah kemampuan berpikir lateral dan hasil jawaban yang benar, dalam menyelesaikan soal kemampuan berpikir lateral dengan cara mengaitkan bangun satu dengan bangun yang lainnya. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Lateral, Van Hiele, Visualisasi, Analisis, Abstraksi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 22 Dec 2021 02:18
Last Modified: 22 Dec 2021 02:18
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3568

Actions (login required)

View Item View Item