Nurmaisah, Tsani (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS NARASI (CERITA FANTASI) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (365kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (535kB) |
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (532kB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (687kB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Download (764kB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Download (740kB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (536kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (654kB) |
Abstract
ABSTRAK Tsani Nurmaisah (NPM 172121017) 2021. Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-unsur dan Menceritakan Kembali Isi Teks Narasi (Cerita Fantasi) dengan Menggunakan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas VII di MTs K.H. Zumratul Muttaqin Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Kurikulum 2013 revisi mata pelajaran bahasa Indonesia memuat kompetensi dasar yang harus dimiliki peserta didik kelas VII. Salah satu kompetensi dasar yang harus dipahami adalah KD 3.3 dan 4.3 mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi) yang dibaca dan didengar. Kenyataan yang terjadi masih banyak peserta didik yang belum memahami dan belum mencapai nilai sesuai KKM yang sudah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat tidaknya model pembelajaran Number Head Together (NHT) dalam meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi) yang dibaca pada peserta didik kelas VII di MTs K.H. Zumratul Muttaqin tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu teknik observasi, teknik wawancara dan teknik tes. Sumber data penelitian adalah peserta didik kelas VII D di MTs K.H. Zumratul Muttaqin Tahun Ajaran 2020/2021. Hasil analisis data menunjukkan penelitian yang telah penulis laksanakan berhasil. Hal ini dapat dibuktikan dengan pemerolehan hasil nilai proses pembelajaran pada siklus 1 dan siklus 2 mengalami peningkatan. Pada KD 3.3 mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi (cerita fantasi) yang dibaca, siklus kesatu peserta didik yang mencapai nilai sesuai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu sebanyak 14 orang (46,6%) dan peserta didik yang belum mencapai sebanyak 16 orang (53,3%), pada siklus kedua semua peserta didik sebanyak 30 orang mampu mencapai nilai sesuai KKM dengan presentase 100%. Pada KD 4.3 menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi) yang dibaca, siklus kesatu peserta didik yang mencapai nilai sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu sebanyak 13 orang (43,33%) dan peserta didik yang belum mencapai sebanyak 17 orang (56,67%), pada siklus kedua semua peserta didik sebanyak 30 orang mampu mencapai nilai sesuai dengan KKM dengan presentase 100%. Artinya, hipotesis tindakan yang penulis rumuskan dalam penelitian ini dapat diterima. Dengan demikian, model pembelajaran Number Head Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi) pada peserta didik kelas VII D di MTs K.H. Zumratul Muttaqin Tahun Ajaran 2020/2021
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 20 Dec 2021 05:21 |
Last Modified: | 20 Dec 2021 05:21 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3556 |
Actions (login required)
View Item |