MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR, KAIDAH KEBAHASAAN, DAN MENYAJIKAN TEKS DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)

Nur Aiman, Syarifa (2021) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR, KAIDAH KEBAHASAAN, DAN MENYAJIKAN TEKS DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (222kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (185kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (415kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (512kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (186kB)

Abstract

ABSTRAK Syarifa Nur Aiman. 2021. MENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR, KAIDAH KEBAHASAAN, DAN MENYAJIKAN TEKS DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 15 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021) Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Menelaah struktur, kaidah kebahasaan, dan menyajikan teks deskripsi merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki peserta didik kelas VII berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Namun dalam kenyataannya, peserta didik kelas VII SMP Negeri 15 Tasikmalaya masih banyak yang belum mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compoition (CIRC) meningkatkan kemampuan menelaah struktur, kaidah kebahasaan, dan menyajikan teks deskripsi pada peserta didik VII SMP Negeri 15 Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa teknik wawancara, teknik observasi, dan teknis tes. Tahapan yang penulis laksanakan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pendeskripsian hasil tindakan, serta analisis dan refleksi. Penulis melaksanakan penelitian sebanyak dua siklus pembelajaran. Pada siklus kesatu dalam menelaah struktur dan kaidah kebahasaan teks deskripsi terdapat peserta didik yang mencapai KKM 11 orang (38%), sedangkan yang belum mencapai KKM 18 orang (62%). Hasil pembelajaran pada siklus kedua dalam menelaah struktur dan kaidah kebahasaan teks deskripsi semua peserta didik sebanyak 29 orang (100%) mencapai KKM, yaitu 72. Pada siklus kesatu dalam menyajikan teks deskripsi peserta didik yang mencapai KKM 14 orang (48%), sedangkan yang belum mencapai KKM 15 orang (52%). Hasil pembelajaran pada siklus kedua dalam menyajikan teks deskripsi, semua peserta didik sebanyak 29 orang (100%) mencapai KKM, yaitu 72. Dengan demikian terdapat peningkatan dari siklus kesatu ke siklus kedua. Artinya, model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan menelaah struktur, kaidah kebahasaan, dan menyajikan teks deskripsi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 15 Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 20 Dec 2021 05:21
Last Modified: 20 Dec 2021 05:21
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3554

Actions (login required)

View Item View Item