PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENGINTERPRETASI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY-TWO STRAY (TS-TS) (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas X DPIB 2 SMK Negeri 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

Ramdini, Rika (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENGINTERPRETASI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY-TWO STRAY (TS-TS) (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas X DPIB 2 SMK Negeri 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Draft Ika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Rika Ramdini, 2020. Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi dan Menginterpretasi Teks Laporan Hasil Observasi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Two Stay-Two Stray (TS-TS) ( Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas X DPIB 2 SMKN 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Bahasa Indoensia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Saat ini kurikulum pendidikan yang berlaku di Indonesia adalah kurikulum 2013 revisi. Dalam permendikbud (2016:1) “Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia secara umum bertujuan agar peserta didik mampu mendengarkan, membaca, memirsa (viewing), berbicara, dan menulis”. Peserta didik harus mempelajari banyak teks yang terdapat pada kurikulum, salah satunya pada kelas X peserta didik harus menguasai mengidentidikasi struktur dan kaidah kebahasaan serta menginterpretasi teks laporan hasil observasi. Kompetensi dasar tersebut belum dikuasai oleh peserta didik kelas X DPIB 2 SMK Negeri 2 Tasikmalaya. Penulis melaksanakan penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan dapat tidaknya model pembelajaran two stay-two stray meningkatkan kemampuan mengidentifikasi struktur dan kaidah kebahasaan serta menginterpretasi teks laporan hasil observasi pada peserta didik kelas X DPIB 2 SMK Negeri 2 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Rumusan masalah penelitian ini adalah dapatkah model pembelajaran Two stay-Two stray (TS-TS) meningkatkan kemampuan mengidentifikasi struktur dan kaidah kebahasaan serta menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi peserta didik kelas X DPIB 2 SMK Negeri 2 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020?. Metode penelitian yang digunakan adalah penelelitian Tindakan kelas. Teknik pengumpulan data penulis menggunakan Teknik wawancara, observasi, teks dengan sumber data peserta didik kelas X DPIB 2 SMK Negeri 2 Tasikmalaya. KKM mata pelajaran bahasa Indonesia adalah 75. Pemerolehan nilai siklus satu untuk pengetahuan adalah yang belum mencapai KKM 13 orang (36%), dan peserta didik yang mencapai siklus kedua yaitu 36 orang (100%) mencapai KKM, sedangkan untuk keterampilan yang belum mencapai KKM 13 orang (36%), dan peserta didik yang mencapai siklus kedua yaitu 36 orang (100%) mencapai KKM, sedangkan pada siklus kedua untuk pengetahuan dan keterampilan nilai peserta didik sudah 100% melampaui KKM. Data di atas menunjukan bahwa hipotesis penelitian ini diterima. Artinya model pembelajaran two stay-two stray dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengidentidikasi struktur dan kaidah kebahasaan serta menginterpretasi teks laporan hasil observasi pada peserta didik kelas X DPIB 2 SMK Negeri 2 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 17 Dec 2021 07:38
Last Modified: 17 Dec 2021 07:38
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3503

Actions (login required)

View Item View Item