ANALISIS PROSES BERPIKIR KREATIF MATEMATIK PESERTA DIDIK BERDASARKAN TAHAPAN WALLAS

YULIANTO, REDO (2018) ANALISIS PROSES BERPIKIR KREATIF MATEMATIK PESERTA DIDIK BERDASARKAN TAHAPAN WALLAS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
pasca sidang skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK REDO YULIANTO. 2018. Analisis Proses Berpikir Kreatif Matematik Peserta Didik Berdasarkan Tahapan Wallas. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis proses berpikir kreatif matematik peserta didik berdasarkan tahapan Wallas serta mengidentifikasi kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal berpikir kreatif matematik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa pemberian soal tes, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Instrumen utama pada penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan instrumen bantuan lainnya seperti instrumen tes dan wawancara. Sumber data yang digunakan dipilih dengan teknik purposive sampling, dipilih 3 orang yang dijadikan sebagai responden dari 32 orang peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Ciamis yang berasal dari kemampuan tinggi, kemampuan sedang, dan kemampuan rendah. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah setiap responden dalam menyelesaikan soal memiliki perbedaan dalam proses berpikir kreatif nya. Responden pertama dalam setiap pengerjaan soal melalui semua tahapan proses berpikir kreatif Wallas, responden kedua relatif melalui semua tahapan Wallas hanya saja pada soal keluwesan tidak secara komplet melalui semua tahapan tersebut dan responden ketiga relatif melalui semua tahapan Wallas hanya saja pada soal elaborasi tidak secara komplet melalui semua tahapan tersebut. Kemudian responden pertama teridentifikasi melakukan satu kesalahan konseptual pada soal elaborasi, respnden kedua teridentifikasi setiap pengerjaan melakukan kesalahan konseptual dan pada soal elaborasi melakukan juga kesalahan prosedural, serta responden ketiga teridentifikasi setiap pengerjaan melakukan kesalahan konseptual dan pada soal kelancaran dan keluwesan melakukan juga kesalahan procedural. Kata kunci: kesalahan, proses berpikir kreatif matematik, tahapan wallas

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 17 Dec 2021 03:39
Last Modified: 17 Dec 2021 03:39
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3474

Actions (login required)

View Item View Item