HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN KELUARGA DAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI (Survey di Kelas XI SMA Negeri 3 Kota Tasikmalaya)

GENTIKA, RINDA MARSHITA (2018) HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN KELUARGA DAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI (Survey di Kelas XI SMA Negeri 3 Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI RINDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Rinda Marshita Gentika. 2018. Hubungan antara Lingkungan Keluarga dan Minat Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi (Survey di Kelas XI SMA Negeri 3 Kota Tasikmalaya) Skripsi Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Di Bawah Bimbingan Heti Suherti Dra., M.M. dan Rendra Gumilar, M.Pd. Permasalahan pokok dalam penelitian terdapat nilai rata-rata UAS pada siswa Kelas XI SMAN 3 Kota Tasikmalaya masih ada yang di bawah KKM. Ada beberapa faktor yang mengakibatkan hal tersebut. Di antaranya lingkungan keluarga yang kurang kondusif dan minat belajar yang menurun, sehingga mengakibatkan prestasi belajar yang kurang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara lingkungan keluarga dan minat belajar siswa dengan prestasi belajar siswa Kelas XI SMAN 3 Kota Tasikmalaya pada Mata Pelajaran Ekonomi baik secara parsial maupun simultan Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik pengumpulan data berupa angket, observasi, dan wawancara. Adapun jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 252 siswa Kelas XI SMAN 3 Kota Tasikmalaya dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 154 siswa Teknik Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik probability sampling yaitu proportionate stratified random sampling. Sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan uji korelasi, regresi liner berganda dan uji f untuk uji simultan Hasil pembahasan menunjukkan bahwa nilai korelasi lingkungan keluarga dan Minat Belajar Siswa dengan hasil belajar siswa sebesar 0,661 termasuk kategori tinggi. Persamaan regrsi liner berganda diperoleh Y = 19,495 +0,317X1 + 0,183X2 dengan didapatkan Fhitung sebesar 27,985 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Karena Fhitung > F-tabel atau 27,985 > 3,06 dan 0,000 < 0,05 maka artinya masing-masing variabel bebas ( lingkungan keluarga dan Minat Belajar Siswa) secara bersama-sama mempunyai hubungan positif dan signifikan dengan variabel terikat (prestasi belajar). Kata kunci : lingkungan, keluarga, minat, siswa, prestasi, belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 17 Dec 2021 03:38
Last Modified: 17 Dec 2021 03:38
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3463

Actions (login required)

View Item View Item