GOJALI, DICKY HANDIKA AHMAD (2018) SCHOOL BASED INTERNSHIP: A PLATFORM TO CHANGE PRE�SERVICE TEACHER IDENTITY. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
Thesis Full Page.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK DICKY HANDIKA AHMAD GOJALI. 2018. “School Based Internship: A Platform to Change Pre-Service Teacher Identity”. English Education Department. Faculty of Educational Science and Teachers’ Training (FKIP). Siliwangi University. Tasikmalaya Program Latihan Profesi menjadi salah satu program yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. Program tersebut bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa keguruan mengimpelentasikan hasil belajarnya selama perkuliahan dan membentuk profesionalitas sebagai calon guru. Atas dasar hal tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah Program Latihan Profesi memberikan dampak luas khususnya identitasnya sebagai seorang guru. Partisipan dalam penelitian ini adalah seorang mahasiswa keguruan yang mengikuti Program Latihan Profesi yang ditugaskan untuk mengajar disalah satu sekolah menengah pertama di Tasikmalaya. Partisipan diminta untuk menceritakan proses yang dialami selama Program Latihan Profesi yang merubah identitasnya dengan menggunakan Autobiografi sebagai instrumennya. Data yang didapatkan diolah menggunakan analisis tematik (Braun & Clarke, 2006). Dari hasil analisis muncul 3 temuan yang mempengaruhi perubahan identitas guru selama menjalani Program Latihan Profesi yaitu; (1) bimbingan dari guru pamong; (2) aktivitas guru dengan siswa; (3) proses belajar selama Program Latihan Profesi. Perubahan identitas dirasakan oleh guru karena adanya perubahan perspektif tentang guru, proses pengajaran dan profesionalisme guru itu sendiri. Berdasarkan penelitian ini, Program Latihan Profesi memberikan dampak signifikan dalam profesionalitas sebagai guru termasuk cara pandang guru terhadap pendidikan. Kata kunci: program latihan profesi, identitas guru, perubahan identitas
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 17 Dec 2021 03:38 |
Last Modified: | 17 Dec 2021 03:38 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3457 |
Actions (login required)
View Item |