PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GALLERY WALK TERHADAP KREATIFITAS SISWA (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Geografi Sub Materi Hidrosfer Kelas X IPS SMA Negeri 2 Tasikmalaya)

MIFTAKHUDIN, ARIEF (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GALLERY WALK TERHADAP KREATIFITAS SISWA (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Geografi Sub Materi Hidrosfer Kelas X IPS SMA Negeri 2 Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (96kB)
[img] Text
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (205kB)
[img] Text
03 ABSTRAK - DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (331kB)
[img] Text
04 BAB 1 - DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pengembangan pada aspek psikomotor, karena kenyataannya guru disekolah lebih menekankan pada siswa dalam aspek kognitif dan afektif saja. Minimnya variasi guru dalam menggunakan model pembelajaran dalam mengembangkan aspek psikomotor sehingga rendahnya kreativitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Cooperative Learning tipe Gallery Walk terhadap kreativitas siswa pada mata pelajaran geografi sub materi hidrosfer di kelas X IPS SMA Negeri 2 Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan yaitu True Experimental Design dengan desain penelitian Posttest only control design. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi penilaian produk dan angket sedangkan analisis data dilakukan dengan uji U man-whitney. Populasi penelitian terdiri dari 144 siswa kelas X IPS, dengan jumlah sampel sebanyak 72 peserta didik yang dibagi kedalam dua kelas yaitu 38 siswa dikelas kontrol dan 34 siswa dikelas eksperimen. Penentuan sampel ini dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Pengaruh penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Gallery Walk terhadap kreativitas siswa yang dilakukan dengan menggunakan analisis U man-whitney menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 artinya ha diterima (ada pengaruh) hipotesis terbukti. Penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Gallery Walk memberikan pengaruh terhadap kreativitas siswa dalam membuat produk yang dilihat dari indikator : kebaruan, pemecahan dan kerincian. Kata Kunci : Cooperative Learning, Gallery Walk, Kreativitas

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 14 Aug 2019 04:40
Last Modified: 14 Aug 2019 04:40
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/344

Actions (login required)

View Item View Item