PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 18 Tasikmalaya 2019/2020)

Herliani Agustin, Winny (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 18 Tasikmalaya 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (23kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (86kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (193kB)
[img] Text
13. BAB II.pdf

Download (227kB)
[img] Text
14. BAB III.pdf

Download (411kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (727kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB)

Abstract

ABSTRAK Winny Herliani Agustin. 2020. Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi dan Menyimpulkan Isi Teks Berita dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 18 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Salah satu kompetensi dasar yang harus dimiliki peserta didik SMP kelas VIII adalah mengidentifikasi dan menyimpulkan isi teks berita. Meskipun demikian, kenyataan di sekolah masih menunjukan bahwa banyak peserta didik kelas VIII SMP Negeri 18 Tasikmalaya tahun pelajaran 2019/2020 belum memiliki kemampuan mengidentifikasi dan menyimpulkan isi teks berita. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Dapatkah model pembelajaran Cooperative Script meningkatkan kemampuan mengidentifikasi teks berita pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 18 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020? 2) Dapatkah model pembelajaran Cooperative Script meningkatkan kemampuan menyimpulkan isi teks berita pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 18 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020? Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Cooperative Script dalam meningkatkan kemampuan mengidentifikasi teks berita pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 18 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020; 2) mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Cooperative Script dalam meningkatkan kemampuan menyimpulkan isi teks berita pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 18 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini terbukti kebenarannya dan dapat dipertanggungjawabkan. Hal ini dapat dilihat dari aspek pengetahuan, pada siklus kesatu terdapat peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM sebanyak 10 orang (38%) dan peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 16 orang (62%). Pada siklus kedua, semua (100%) peserta didik mencapai KKM. Dalam aspek keterampilan, pada siklus kesatu terdapat peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM sebanyak 7 orang (27%) dan peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 19 orang (73%). Pada siklus kedua, semua (100%) peserta didik mencapai KKM. Data di atas menyatakan bahwa hipotesis tindakan dapat diterima. Artinya, model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi dan menyimpulkan isi teks berita pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 18 Tasikmalaya tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 17 Dec 2021 03:34
Last Modified: 17 Dec 2021 03:34
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3426

Actions (login required)

View Item View Item