PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMAHAMI MATERI PELUANG DAN MELATIH KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS

NOVITASARI, ELIS (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMAHAMI MATERI PELUANG DAN MELATIH KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI ELIS 2021.pdf

Download (8MB)
[img] Text
SKRIPSI ELIS 2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK ELIS NOVITASARI. 2021. Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Memahami Materi Peluang dan Melatih Kemampuan Representasi Matematis. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan menghasilkan desain awal bahan ajar interaktif, mendeskripsikan hasil uji kelayakan bahan ajar interaktif, menghasilkan desain akhir bahan ajar interaktif berbasis pendekatan saintifik pada materi peluang untuk melatih kemampuan representasi matematis. Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, dan Dissemination). Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan lembar validasi kepada ahli materi, ahli kemampuan, ahli desain pembelajaran, dan ahli multimedia, penyebaran angket respon peserta didik dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain awal disusun berdasarkan silabus, bersifat kontekstual, menggunakan pendekatan saintifik, dan melatih kemampuan representasi matematis. Selain itu, desain awal bahan ajar interaktif susunan materi dibuat interaktif, adanya proses menjawab dan mengecek hasil jawabannya, dilengkapi animasi, gambar, backsound dan suara. Uji kelayakan bahan ajar interaktif yang divalidasi berdasarkan content validity (kesesuaian konten dengan pendekatan saintifik dan bersifat kontekstual, dengan kemampuan representasi matematis, dengan silabus, kurikulum 2013, dan indikator materi peluang). Construct validity (komponen isi, bahasa, penyajian, dan multimedia interaktif) menunjukkan bahwa produk layak digunakan. Face validity (tampilan, dan teknis) menunjukkan respon positif dari peserta didik. Desain akhir menunjukkan bahwa susunan materi dalam bahan ajar interaktif disusun secara sistematis, melatih kemampuan representasi matematis, menggunakan pendekatan saintifik dan bersifat kontekstual, tampilan colorful dan eye catching, mudah digunakan dan interaktif. Kata kunci: Bahan Ajar Interaktif, Penelitian Pengembangan, Kemampuan Representasi Matematis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 17 Dec 2021 02:31
Last Modified: 17 Dec 2021 02:31
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3389

Actions (login required)

View Item View Item