PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Banjar Tahun ajaran 2019/2020)

Nopiana, Rizki (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Banjar Tahun ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Revisi Sidang Skripsi Rizki Nopiana UNsil Bahasa Indonesia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi teks eksposisi merupakan kompetensi dasar yang harus dicapai peserta didik kelas VIII berdasarkan kurikulum 2013. Kenyataannya, peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 1 Banjar tahun ajaran 2019/2020 banyak yang belum mencapai KKM. Karena itulah penulis melaksanakan penelitian tindakan kelas menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together. Model Pembelajaran Tersebut penulis yakini memiliki cirikhas dalam bentuk diskusi kelompok yang dapat mengatasi terdahap permasalahan penelitian ini, yakni berupa kegiatan pembelajaran siswa yang bertanggung jawab serta berperan aktif pada setiap tugas yang pendidik berikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Numbered Head Together meningkatkan kemampuan peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 1 Banjar tahun ajaran 2019/2020 dalam pembelajaran mengidentifikasi informasi teks eksposisi serta menyimpulkan isi teks eksposisi. Berdasarkan hasil belajar siklus kesatu pada aspek pengetahuan yang mencapai KKM 7 orang (43%) sedangkan yang belum mencapai KKM 9 orang (56%). Aspek keterampilan siklus kesatu yang mencapai KKM 8 orang (8%) sedangkan yang belum mencapai KKM 8 orang (50%). Siklus kedua, aspek pengetahuan dan keterampilan semua peserta didik yang berjumlah 16 orang berhasil mencapai KKM (100%). Hasil uji normalitas data nilai mengidentifikasi informasi serta menyimpulkan isi teks eksposisi siklus I dan siklus II data berdistribusi tidak normal, sehingga menggunakan uji w yang hasilnya W hitung (0) < W tabel (0,01). Uji w menunjukan hasil belajar pada siklus kedua sebagai tindak lanjut dari siklus kesatu kemampuan hasil belajar peserta didik ada perubahan dan peningkatan hasil belajar. Artinya, model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan kemampuan peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 1 Banjar tahun ajaran 2019/2020 dalam mengidentifikasi informasi serta menyimpulkan isi teks eksposisi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 08 Dec 2021 03:27
Last Modified: 08 Dec 2021 03:27
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3309

Actions (login required)

View Item View Item