REVEALING SECONDARY SCHOOL STUDENTS‟ PERCEPTIONS TOWARDS THE USE OF INSTAGRAM AS A PLATFORM FOR SELF-REFLECTION: A CASE STUDY IN INDONESIA

DJEANIDA KURTIS, DEMI (2019) REVEALING SECONDARY SCHOOL STUDENTS‟ PERCEPTIONS TOWARDS THE USE OF INSTAGRAM AS A PLATFORM FOR SELF-REFLECTION: A CASE STUDY IN INDONESIA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
THESIS by DEMI DJEANIDA KURTIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengungkap persepsi siswa sekolah menengah pertama terhadap penggunaan Instagram sebagai wadah untuk merefleksi diri. Mengingat pentingnya melakukan refleksi agar para siswa dapat mengembangkan cara belajar mereka menjadi lebih baik dimasa yang akan datang. Enam orang partisipan dipilih sesuai dengan peringkat akademik di kelasnya akan di wawancara menggunakan teknik pengumpulan data semi-structured interviews. Data dianalisis secara tematik (Braun & Clarke, 2006). Hasil penelitian ini menunjukkan, siswa menganggap Instagram sebagai platform yang bermanfaat untuk membantu mereka melakukan refleksi diri. Lima tema utama yang muncul dari hasil wawancara yaitu, Instagram menciptakan perasaan positif para siswa yang berdampak pada naiknya motivasi mereka untuk menulis „My Journal‟, mendukung siswa dengan fitur-fitur dan kemudahan, serta merekam pengalaman belajar melalui „caption‟. Walaupun begitu, siswa juga menghadapi beberapa tantangan, seperti, kekhawatpiran dalam kesalahan penulisan dan tantangan dari perangkat (terbatasnya kuota dan sinyal yang tidak mendukung). Penelitian selanjutnya dapat dilakukan dengan membutuhkan lebih banyak periode waktu untuk menilai perubahan dalam cara siswa belajar setelah melakukan refleksi diri. Kata kunci: Students‟ perceptions, self-reflection, Instagram-based reflection

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 14 Aug 2019 03:56
Last Modified: 14 Aug 2019 03:56
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/330

Actions (login required)

View Item View Item