ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS BERDASARKAN DISPOSISI MATEMATIS PESERTA DIDIK

JUHAN, JUHAN (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS BERDASARKAN DISPOSISI MATEMATIS PESERTA DIDIK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (80kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (201kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf

Download (212kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (182kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (188kB)
[img] Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (183kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (195kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (574kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (623kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)

Abstract

JUHAN. 2020. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Berdasarkan Disposisi Matematis Peserta Didik. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis berdasarkan disposisi matematis rendah, sedang dan tinggi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode eksploratif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan think aloud methods. Pengambilan subjek penelitian dilakukan dengan pertimbangan peserta didik yang mengerjakan soal kemampuan berpikir kreatif, memenuhi 4 indikator kemampuan berpikir kreatif dan bisa berkomunikasi dengan baik. Teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan berpikir kreatif matematis, angket disposisi matematis dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik yang mampu memenuhi 4 indikator kemampuan berpikir kreatif, belum mampu menyelesaikan semua permasalahan yang dihadapi dengan benar, merupakan peserta didik yang memiliki disposisi rendah. Metode penyelesaian yang digunakan sangat sederhana dan terlihat mengalami kesulitan saat menyelesaikan masalah, namun memiliki keinginan untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan. Hal tersebut ditinjau dari usaha untuk menyelesaikan masalah dengan cara sendiri, walaupun jawaban yang dihasilkan tidak tepat. Peserta didik yang mampu memenuhi 4 indikator kemampuan berpikir kreatif, menghasilkan jawaban yang benar, kurang teliti pada saat menyelesaikan soal, merupakan peserta didik yang memiliki disposisi sedang. Peserta didik dengan disposisi sedang cukup baik dalam menerapkan konsep, menafsirkan hasil penyelesaian dan cukup percaya diri saat menyelesaikan soal. Peserta didik yang mampu memenuhi 4 indikator kemampuan berpikir kreatif, menghasilkan jawaban yang benar, merupakan peserta didik yang memiliki disposisi tinggi. Peserta didik dengan disposisi matematis tinggi mampu menjelaskan setiap cara yang digunakan dalam menyelesaikan masalah dengan baik, mengerjakan soal dengan menghasilkan jawaban yang benar dan sangat percaya diri. Kata kunci : kemampuan berpikir kreatif matematis, disposisi matematis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 07 Dec 2021 10:17
Last Modified: 07 Dec 2021 10:17
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3288

Actions (login required)

View Item View Item