ANALISIS KESULITAN HIGHER ORDER THINKING SKILL BROOKHART DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA PESERTA DIDIK SMP YPI AL-HUDA TASIKMALAYA

GUSTIANI, YULITA (2021) ANALISIS KESULITAN HIGHER ORDER THINKING SKILL BROOKHART DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA PESERTA DIDIK SMP YPI AL-HUDA TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
BISMILLAH SKRIPSI FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesulitan peserta didik dalam mengerjakan soal Higher Order Thinking Skill menurut Brookhart serta Higher Order Thinking Skill menurut Brookhart peserta didik ditinjau dari kemampuan awal matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode eksploratif. Teknik pengumpulan data berupa tes dan wawancara. Subjek yang dijadikan penelitian ini peserta didik kelas VIII di SMP YPI Al-Huda Tasikmalaya diambil masing-masing satu orang berdasarkan kemampuan awal matematika kategori tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Kesulitan yang dialami pada semua subjek penelitian sama, yaitu kesulitan dalam menggunakan konsep dan kesulitan dan menggunakan prinsip serta kesulitan dalam menyelesaikan masalah verbal dalam menyelesaikan soal HOTS. 2) Pada aspek analisis, evaluasi, kreasi peserta didik dengan kemampuan awal tinggi, sedang, dan rendah mampu mengidentifikasi pertanyaan dan hal-hal yang diketahui dari soal. Hanya peserta didik berkemampuan awal tinggi dan sedang dan yang mampu menyelesaikan soal dengan menjabarkannya. Sedangkan pada aspek penalaran yang logis hanya peserta didik berkemampuan tinggi yang mampu menarik kesimpulan yang deduktif. Adapun pada aspek berpikir kritis, tidak ada subjek yang mampu mengidentifikasi asumsi implisit. Pada aspek pemecahan masalah, peserta didik berkemampuan awal tinggi dan sedang saja yang mampu mengidentifikasi masalah yang harus dipecahkan dan hanya peserta didik berkemampuan sedang saja yang mampu mengubah masalah menjadi model matematika. Sedangkan pada aspek berpikir kreatif, semua subjek mampu mengatur ide yang ada dengan cara baru. Kata kunci: Kesulitan Menyelesaikan Soal, Higher Order Thinking Skill, Kemampuan Awal Matematika

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 07 Dec 2021 03:56
Last Modified: 07 Dec 2021 03:56
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3263

Actions (login required)

View Item View Item