TEACHING ENGLISH TO EFL YOUNG LEARNERS THROUGH GAME BASED LEARNING: A PARTICIPATORY ACTION RESEARCH

Tri Sintia, Yuli (2019) TEACHING ENGLISH TO EFL YOUNG LEARNERS THROUGH GAME BASED LEARNING: A PARTICIPATORY ACTION RESEARCH. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Yuli Tri Sintia - 152122134.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penggunaan pembelajaran berbasis permainan (PBP) sudah banyak diimplemetasikan oleh guru kepada siswa sekolah dasar. Seperti halnya penelit terdahaulu, mengemukakan bahwa PBP dapat meningkatkan motivasi, rasa kepemimpinan, dan prilaku kepada siswa SMA karena bisa memberikan aktivitas yang menyenangkan. Berdasarkan konsep keterlibatan hubungan (Davis, 2012) penelitian ini fokus terhadap hubungan antar siswa dengan siswa, dan siswa dengan guru yang masih jarang diteliti khusunya di Indonesia. Oleh karena itu, Penelitian tidakan partisipan ini melibatkan 26 siswa di salah satu sekolah yang ada di Indonesia dengan melalui observasi dan wawancara selama empat kali, dan dianalisis secara tematik (Braun & Clake, 2006). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa PBP dapat melibatkan hubungan antara siswa dengan guru dengan cara membangun motivasi dan menurukan rasa cemas terhadap siswa dalam belajar Bahasa Inggirs. Sehingga, PBP dapat meningkatkan kemampuan siswa melalui aktivitas pembelajaran yang menyenangkan. Kata kunci: Siswa Sekolah Dasar, Permainan Berbasis Pembelajaran, Keterlibatan Hubungan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 14 Aug 2019 03:52
Last Modified: 14 Aug 2019 03:52
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/326

Actions (login required)

View Item View Item