Sundari, Risni (2019) INVESTIGATING STUDENTS’ MOTIVATION TO LEARN ENGLISH IN EXTRACURRICULAR ACTIVITY (ENGLISH CLUB). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
RISNI SUNDARI -132122130.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Mempelajari bahasa Inggris di English club memotivasi bagi beberapa siswa sekolah menengah atas. Club tersebut menyediakan mereka kegiatan-kegiatan pembelajaran yang menyenangkan, seperti belajar dengan menggunakan lagu-lagu berbahasa Inggris, permainan, dan mempraktikkan berbicara bahasa Inggris dengan rekan-rekan yang bersahabat. Selain itu, di dalam English club, para siswa terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang menyenangkan dimana mereka dapat membuat sesuatu, menyanyikan lagu-lagu, dan melakukan kegiatan-kegiatan lain dalam berbahasa Inggris (Afia, 2006, p. 21). Mempertimbangkan penomena tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor-faktor dari motivasi para siswa sekolah menengah atas dalam mempelajari bahasa Inggris di sebuah English club sebagai kegiatan ekstrakurrikular. Kemudian, semi-structured interview dipilih sebagai teknik pengambilan data. Lalu, data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis tematik (Braun & Clarke, 2006). Ditemukan bahwa motivasi para siswa dalam mempelajari bahasa Inggris di English club tersebut berasal dari tiga faktor, yakni dukungan keluarga dan teman-teman, situasi pembelajaran yang menyenangkan, dan keinginan-keinginan siswa. Disarankan bagi para guru untuk selalu memotivasi siswa-siswa mereka dalam mempelajari bahasa Inggris dengan memberikan mereka saran-saran yang bermanfaat, menyediakan mereka lingkungan pembelajaran yang mendukung dan menyenangkan, serta membuat situasi pembelajaran yang kooperatif dengan siswasiswa lain dalam pembelajaran di kelas. Kata Kunci: Motivation, English Club.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 14 Aug 2019 03:49 |
Last Modified: | 14 Aug 2019 03:49 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/322 |
Actions (login required)
View Item |