ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN KESALAHAN NEWMAN (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 11 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2017/2018)

KUSTIRA RAHAYU, TIARA (2018) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN KESALAHAN NEWMAN (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 11 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2017/2018). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
tiaraa hasil revisi 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan matematik peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan Newman, dan mengungkapkan jenis kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh peserta didik serta faktor-faktor penyebab kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode think out loud. Teknik pengambilan subjek menggunakan purposive sampling. Subjek penelitian terpilih lima orang peserta didik dari kelas VIII-G SMP Negeri 11 Tasikmalaya. Waktu penelitian pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data dengan tes soal cerita, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa kemampuan atau kompetensi yang dimiliki setiap subjek penelitian berbeda, kemampuan atau kompetensi S1 dan S2 dalam membaca masalah memiliki kriteria yang kurang, untuk S3, S4, dan S5 memiliki kriteria yang sangat baik. Selanjutnya untuk kemampuan S1 dalam memahami masalah memiliki kriteria yang baik dan untuk S3, S4 dan S5 memiliki kriteria yang sangat baik, tetapi hanya S2 yang memiliki kriteria yang kurang dalam memahami masalah. Kemampuan S1, S2 dan S3 dalam transformasi masalah memiliki kriteria yang cukup dan untuk S4 dan S5 memiliki kriteria yang sangat baik. Selanjutnya kemampuan S1 dan S5 dalam keterampilan proses memiliki kriteria yang cukup, untuk S2 memiliki kriteria yang sangat kurang dan untuk S3 dan S4 memilik kriteria yang kurang. Untuk kemampuan dalam penulisan jawaban semua subjek memiliki kriteria yang sangat kurang. Setelah dilakukan analisis diperoleh kesalahan paling banyak yang dialami peserta didik dalam menyelesaikan soal pada materi sistem persamaan linear dua variabel yaitu peserta didik melakukan kesalahan pada langkah keterampilan proses meliputi peserta didik tidak mengetahui operasi matematik yang harus dilakukan dan tidak mengetahui proses eliminasi untuk mencari nilai suatu variabel sehingga hasil akhir permasalahan tidak diketahui. Penyebab peserta didik mengalami kesalahan yaitu kurangnya kemampuan peserta didik dalam memahami masalah yang pertama kali peserta didik temui, peserta didik tidak terbiasa membuat model matematika dari kalimat yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari, peserta didik melakukan kesalahan pada tahap memahami masalah yang mengakibatkan jawaban peserta didik tidak sesuai dengan yang diharapkan serta peserta didik merasa pesimis saat menyelesaikan soal cerita. Kata kunci: Kesalahan peserta didik, kesalahan Newman, soal cerita

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 14 Aug 2019 03:32
Last Modified: 14 Aug 2019 03:32
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/304

Actions (login required)

View Item View Item