PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 10 Tasikmalaya)

ANISA MUTMAINNAH, SITI (2019) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 10 Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
152151182_SITI ANISA MUTMAINNAH_PENERAPAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN R.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi dan representasi matematis peserta didik melalui model Problem Based Learning dengan pendekatan saintifik. Selain itu, tujuan penelitian ini juga untuk mengetahui motivasi peserta didik setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning dengan pendekatan saintifik. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan populasi seluruh peserta didik kelas VII SMPN 10 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak satu kelas yaitu kelas VII G yang menerima perlakuan menggunaka model Problem Based Learning dengan pendekatan saintifik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes kemampuan komunikasi dan representasi matematis dan penyebaran angket motivasi belajar. Sedangkan instrumen yang digunakan berupa soal tes kemampuan komunikasi dan representasi matematis peserta didik dan angket motivasi belajar. Berdasarkan analisis data dengan uji satu sampel, hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) kemampuan komunikasi dan representasi matematis melalui model Problem Based Learning dengan pendekatan saintifik mengalami peningkatan; (2) motivasi belajar peserta didik setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning dengan pendekatan saintifik menunjukkan motivasi dalam kriteria tinggi. Kata kunci: Kemampuan Komunikasi dan Representasi Matematis, Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan Saintifik, Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 14 Aug 2019 03:30
Last Modified: 14 Aug 2019 03:30
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/302

Actions (login required)

View Item View Item